Camat Parakansalak : Budidaya Anggur Milik H.Oo Jadi Inspirasi Untuk Masyarakat

SUKABUMI, INFODESAKU – Camat Parakansalak,H. Royani melakukan kunjungan terhadap budidaya anggur milik H.Oo Somantri, berlokasi tepatnya Kampung Cilutung,Rt 01 Rw. 06 Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak Rabu, (19/01/2022) lalu.

Dalam kegiatanya kunjungannya tersebut, Camat Parakansalak, H.Royani mengatakan bahwa di tempat kami ada petani yang menanam budidaya anggur dengan jenis variatas macam-macam, kemudian lokasi pertaniannya tidak di kebun pada umunya di tanah melainkan didak atas rumahnya membuat media tanam sendiri sedemikian rupa dan cukup menggunakan polibag.

“Alhamdulilah pertanian anggurnya cukup baik menghasilkan buah anggur yang manis sangat luar biasa,kemudian menurut keterangan dari H.Oo, dari satu pohon tangkai batang anggur itu buahnya bisa menghasilkan beberapa jenis buah anggur dengan cara dikawinkan.” ungkapnya

Lebih lanjut lagi kata Camat,ketika saya bertanya kepada H.Oo, dari mulai tanam hingga penyetekan tangkai hingga berbuah diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 8 bulan.

“Saya datang ke lokasi budidaya anggur itu bisa menjadi inspirasi bagi saya pribadi dan masyarakat umumnya dan perlu di contoh oleh masyarakat lain seperti Bapak H.Oo ini salah satu petani yang sukses buah anggurnya bagus indah dan cukup manis sebab saat itu saya mencicipi buah anggurnya dari berbagai jenis buahnya.” terang Camat kepada Infodesaku.

Lebih lanjut kata Camat, berharap kebetulan di wilayah Kecamatan Parakansalak ini banyak berbagai potensi dari obyek wisata dan perkebunan lahan yang mayoritas lahan yang cukup luas, mudah- mudahan di wilayah kami ada lagi masyarakat seperti H.Oo, yang berinofatif dan inspiratif sehingga adalagi orang seperti H.Oo-H.Oo lainya sehingga di wilayah kami.

“Ketika ada masyarakat berkunjung ke berbagai obyek untuk berwisata ke Setu dan kolam Renang Sukarame maupun Curug Sawer kemudian para wisatawan bisa membawa oleh -oleh khas Parakansalak atau mencicipi buah anggur yang di hasilkan dari kebun seperti H.Oo. Kemudian ketika sudah terbentuk dari berbagai aspek potensi wilayah akan menghasilkan kedepanya akan menjadi ikon di wilayah Parakansalak.” Pungkasnya.

 

 

Laporan : BA

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional