Camat Tanjungsari Dalam Musrenbang RKPD 2023 : Desa Segera Ajukan Program Kerja Untuk Kemajuan Desa

BOGOR, INFODESAKU – MUSRENBANG Kecamatan Tanjungsari bersama BAPPEDALITBANG Kabupaten bogor bahas Perencanaan Pembangunan Tahun 2023 , yang bertempat di Gedung olahraga ( GOR ) Desa Tanjungsari . Kamis. (27/01/22).

Tampak hadir dalam acara musrenbang tingkat kecamatan tanjungsari di hadiri Camat Tanjungsari. Drs. Sutisna, Sekretaris Camat H. Suryana.SKM. MM. Danramil Koramil 2108 Cariu – Tanjungsai. Kapten Inf. Joko Mulyanto, Kapolsek Tanjungsari. Iptu . Hartanto SH, Kasi Ekbang. Sugiat Syarif.S.Ap, Irsan .S.Sos. M.Ap. dari BAPPEDALITBANG Kabupaten bogor. Para Kepala Desa setanjungsari, Para Ketua Kelompok tani , Upt Pertanian , Dinas Kesehtan Puskesmas Tanjungsari, UPT Dinas PUPR. Pendamping Desa , Kader PKK tiap Desa, BPD – LPM dan Tokoh masyarakat, MUI Kecamatan Tanjugsari.

Menurut Camat Tanjungsari. Dalam sambutannya menyampaikan, dalam rapat ini dirinya sudah menyampaikan apa yang tercantum dalam agenda MUSRENBANG Perencanaan pembangunan di tahun 2023 yang akan datang yaitu terkait, Pertanian,  Peternakan, Pendidikan, Kesehatan , dan Pembangunan Infrastruktur Desa, RTLH.

“Saya minta untuk para Kepala Desa khususnya segera menyiapkan berkas pengajuan apa saja yang di usulkan yang pada dasarnya, untuk kemajuan Desa dan masyarakat bukan segelintir sekelompok tertentu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Karena sekarang mekanisme pengajuan melalui data Perifikasi validasinya dari Desa, untuk yang belum mengajukan segera ajukan jangan sampai ketinggalan ini sangat penting untuk kemajuan Desa kecamatan Tanjungsari.

“Ini ada beberapa Item yang tercatat seperti , Alat penunjang Pendidikan ( ANBK ) yang Anggarannya cukup Lumayan Rp.126,720.000,-tapi itu tdk semua anggarannya berkisar segitu berpariasi sesuai tingkat kebutuhannya. Ada juga Pembangunan Infrastruktur seperti IPAL, Komunal. Sebesar Rp.425.000.000,- di Desa Skarasa. Kontruksi Drainase Lingkungan Rp. 500,000.000,- DED.D.I. Cibe,et Bedahan Desa Buanajaya Tanjungsari, dan Kampung Tegal Imbon Desa Cikutamahi Rp.100,000.000.- dan seterusnya dan yang lainnya seperti yang tadi di sebutkan di awal termasuk Program SAMISADE melalui program Pancakarsa Ibu Bupati Bogor .” Jelasnya.

Sementara dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA LITBANG) Kabupaten bogor, Pungsional. Irsan S.Sos.M.Ap. menyampaikan, bahwa secara teknis mengenai Perencanaan Pembangunan di Desa itu sekarang pengajuannya harus dari Pemdes dahulu. baik itu data, verifikasi Validsi pengajuan.

“Tidak bisa langsung di Perifikasi dan di ajukan oleh pihak Kecamatan, kalau sekarang justru dari desa, pihak Kecamatan melalui Kasi Ekbang , PUPR , Pertanian, Dinkes, itu harus berkoordinasi dengan Desa, intinya kita harus turun langsung ke Desa.” Papar Irsan.

Masih ditempat yang sama dari beberapa Kepala Desa mempertanyakan secara teknis aturan pengajuan yang kadang kami di Desa kurang paham dalam hal pengajuan terkait realisasi di lapangan meskipun ada PEDUM, RAB,SOP. jadi kami mohon petunjuk dari , BAPPEDA dan instansi terkait.” ungkap perwakilan Dari Kepala Desa se-tanjungsari. Sudarjat Kades Buanajaya dan Jajang Rustala dari Desa Cibadak.

Sementara dari pihak Dinkes Puskesmas Tanjungsari yang di wakili. dr.Sopian , Mengusulkan pembangunan Pustu baru di wilayah Desa Sukarasa dan Desa Buanajaya rehab bangunan Pustu / Wahana dan itu sudah di sepakati tinggal realisasi ini hanya memperkuat.”  Pungkasnya.

 

Laporan : Endang M

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA