Ade Yasin : RKPD Tahun 2023 Fokus Pada Pencapaian Target Pancakarsa

BOGOR, INFODESAKU – Bupati Bogor, Ade Yasin menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Bogor Tahun 2023, yang berlangsung di Serbaguna 1 Kabupaten Bogor, Jumat (18/3/22). Itu dilakukan untuk mematangkan tahapan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dan seluruh proses perencanaan telah ditetapkan melalui SIPD, yang akan diimplementasikan dalam 35 program di 18 perangkat daerah.

Bupati Bogor Ade Yasin menyampaikan bahwa berdasarkan tema pembangunan tahun 2023 adalah membangun masa depan Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa dalam rangka mewujudkan Kabupaten Termaju, nyaman dan berkeadaban. Secara umum, arah kebijakan daerah untuk tahun 2023 akan diprioritaskan untuk mencapai target Kinerja Utama (IKU) dan memenuhi target Pancakarsa, menangani pandemi Covid-19 dan permasalahan kesehatan lainnya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya daerah, termasuk penanggulangan kemiskinan dan bencana, mempersiapkan pilkada serentak, dan menata penyederhanaan pegawai.

Lanjut Ade Yasin, kebijakan yang dimaksud adalah dalam lima prioritas pembangunan daerah adalah untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, meningkatkan daya perekonomian daerah dan pelayanan publik, meningkatkan pemerataan pembangunan yang berkelanjutan, serta meningkatkan dan memperbaiki masyarakat berdasarkan nilai. keagamaan yang berkeadaban.

“Untuk mencapai target kinerja kemampuan keuangan Pemkab Bogor diproyeksi sebesar 6,97 trilyun rupiah dengan kontribusi pendapatan asli daerah yang diperkirakan sebesar 3,36 trilyun rupiah atau 48,21% dari target pendapatan daerah. Dari total pendapatan tersebut, alokasi utama adalah untuk memenuhi porsi yang telah ditetapkan oleh peraturan perundangundangan. Musrenbang RKPD tahun 2023 ini juga mengakomodir aspirasi masyarakat yang sebelumnya disampaikan saat Musrenbang Kecamatan. Usulan yang memenuhi syarat akan diimplementasikan dalam 35 program di 18 perangkat daerah,” ujarnya.

Kemudian, Ade Yasin dijelaskan bahwa pada masa akhir periode RPJMD, Pemkab Bogor akan melaksanakan lebih dari 161 program yang tersebar di 72 perangkat daerah. hasil dari RKPD, alokasi anggaran terbesar untuk mendanai urusan wajib pelayanan dasar, kurang lebih 70,95% dari total kemampuan keuangan daerah, sedangkan terkecil adalah untuk urusan pemerintahan umum, kurang lebih 0,04%.

Ade Yasin menegaskan bahwa seluruh proses perencanaan telah ditetapkan melalui SIPD. Oleh karena itu, proposal yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan, tidak akan menerima lebih lanjut. Perlu diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi sementara terdapat 1.739 proposal pokok-pokok pikiran DPRD dalam SIPD. Adapun dari jalur hibah dan Bansos tercatat sebanyak 4.945 proposal dan saat ini seluruhnya masih dalam proses verifikasi yang ditentukan oleh SIPD.

Secara geografis, Kabupaten Bogor berbatasan dengan 11 Kabupaten/Kota, 1 Provinsi, serta berdekatan dengan DKI Jakarta. Saya harap kita dapat bersinergi dengan Kabupaten/Kota tetangga dalam membangun perbatasan dan menyelesaikan permasalahan lintas wilayah. Saya juga meminta dukungan dari pemerintah pusat, pemprov, instansi vertikal, lembaga/organisasi, dunia usaha, perguruan tinggi, dan seluruh elemen masyarakat untuk mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Bogor,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappedalibang Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengatakan, sebelum melaksanakan Musrenbang Kabupaten Bogor adalah suatu kegiatan yang telah dilakukan yaitu pertama proses penyusunan hasil Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan, serta forum daerah untuk menyempurnakan Rancangan Awal RKPD tahun 2023 yang kemudian dilanjutkan dengan Pra Musrenbang.

“Melalui kegiatan ini diharapkan salah satunya dapat menyepakati keselarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan prioritas pembangunan provinsi, menyepakati program dan kegiatan yang merupakan kewajiban daerah dengan program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan, serta bisa disepakati dalam bentuk kesepakatan bersama, ” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Musrebang RKPD Tahun 2023, Wakil Ketua DPRD, M. Romli secara virtual, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Para Kepala Perangkat Daerah dan Camat Se-Kabupaten Bogor, Tim Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor dan Para Kepala Desa/Lurah secara virtual.

 

 

Laporan : EPF

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA