Desa Palembapang mempersembahkan acara NIYUH SYAWAL

LAMSEL, INFODESAKU – Warga masyarakat Desa Palembapang mempersembahkan acara ‘Niyuh Syawal 1443H’ bersama keluarga dan para tokoh masyarakat. (06/05/2022)

Mewakili panitia acara Ust. Agus Amriza, S.Pd.I. mengatakan, Acara tradisi tahunan perdana yang dipersembahkan untuk warga bumi khagom mufakat Lampung Selatan ini adalah inisiasi dari pemerintahan desa Palembapang dibawah binaan kepala desa.

“Niyuh Syawal merupakan ajang silaturahmi masyarakat dengan keluarga dan handaitolan yang pulang mudik lebaran, dikemas dengan sebuah pagelaran seni budaya kearifan lokal yang menjunjung adat dan tradisi, bernuansakan religi di bulan Syawal Idul Fitri.” Tuturnya.

Hendryadi, SE, MM selaku Kepala Desa Palembapang mengatakan, Acara ini kami inisiasi berawal dari pemikiran kami melihat ramainya anggota keluarga di masyarakat Lampung yang pulang mudik lebaran di kampung halaman Kalianda Lampung Selatan, namun nampaknya perlu ada yang harus terkesan dan menjadi kerinduan mereka ketika pulang, maka tercetuslah acara ini.

“Warga masyarakat sangat antusias menyaksikan acara yang di isi dengan berbagai atraksi penampilan ini, keren sekali” tambah Hendry.

Kepala Dinas PMD Erdiyansyah, SH, MM mewakili pemerintah kabupaten Lampung Selatan menyampaikan dalam sambutannya bahwa sangat menyambut baik dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada desa Palembapang.

“Bahkan saya menilai bahwa desa Palembapang adalah desa yang paling aktif mengadakan acara-acara yang kental akan seni budaya, bahkan sampai sering tampil di acara-acara TV Nasional.” Jelasnya.

Erdy menambahkan, Saat ini mungkin yang antusias meramaikan adalah warga masyarakat kita, kedepan harapannya para wisatawan mancanegara akan melirik acara ini.

“Dengan fasilitas rumah adat khusus yang kita siapkan menjadi tempat bermalam mereka dan kita manjakan para bule itu dengan acara-acara adat dan tradisi,” imbuhnya.

Pantauan redaksi, acara yang dipersiapkan hanya dalam waktu sehari ini, nampak dihadiri oleh Kadis PMD Lampung Selatan, Ketua Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS), Camat Kalianda dan para muspika, tokoh adat, tokoh masyarakat dan 12 Kakhya yang ada di Desa Palembapang. Acara ini di isi dengan berbagai macam seni budaya, dimulai dengan tari ‘Niyuh Syawal’ yang dipadu dengan ngias dan takbir, dilanjutkan dengan gambus dari sanggar say buay Desa Palembapang, dan juga dimeriahkan dengan penampilan pencak silat Helang Bukekhang dan TTKD yang kesemuanya adalah seni budaya asli milik warga masyarakat Desa Palembapang.

Mewakili tokoh masyarakat Bunyamin Dalom Kasim Gelar Khadin Jaksa menambahkan, Apresiasi dan ucapan selamat dan sukses luar biasa kepada panitia yang telah menginisiasi acara hebat ini, sehingga adat dan budaya terus hidup di bumi khagom mufakat ini.” Tutupnya.

 

 

Laporan : Wiji Lastini/ Yogi

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau