141 Petugas Pemkab Tasikmalaya, Ikuti Off/On-Line Advokasi dan Sosialisasi Kesehatan Jiwa, Bersama RSJMM

TASIKMALAYA, INFODESAKU – Sebanyak 141 Petugas Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, ikuti kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Kesehatan Jiwa bersama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM), di Aula Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang berlokasi di Komplek Perkantoran, Sukaasih, Kec.Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46415.

Petugas yang hadir melalui Off-Lain dilokasi acara dihadiri oleh 22 petugas, antara lain dari : Dinkes, Disdukcapil, Polres, BPJS, Bag Kesra Setda, Baznas, Psikiater (dr Hj. Nia N, Sp. KJ), Dinsos, Satpol PP, RSUD SMC, dll di Kab.Tasikmalaya. Sedangkan petugas yang hadir melalui On-Line Zoom Metting, dihadiri oleh 119 petugas, antara lain : Dokter PJ Keswa PKM, Programer Keswa PKM, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Insan Sosial Kesehatan se-Jabar-Banten, yang ikut mendukung gelaran acara, yang dipandu secara apik oleh Dede Subekti, S. Pd., M. Kes, sebagai Programer Keswa Dinkes Kabupaten Tasikmalaya yang juga sebagai moderator acara.

H. Atang Sumardi., S. kep., MM., sebagai Kepala Bidang Rehabikitasi Sosial Dinsos Kab.Tasikmalaya, tampil meberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi, seraya mengucapkan rasa terima kasihnya.

“Terimakasih kepada Tim Advokasi Kesehatan Jiwa RSJMM, yang telah hadir untuk memaparkan kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Kesehatan Jiwa,” ujarnya.

Kepala Seksi P2P Dinkes Kab.Tasikmalaya, : Iyen Nuryanah, SST., M.Si., juga menyampaikan hal yang serupa bahwa, “Dalam kegiatan ini, dinkes menerjunkan petugas dari seksi P2P, Kepala puskesmas dan programer kesehatan jiwa Puslesmas se-Kab.Tasikmalaya”. Ucapnya.

Dinkes Kab.Tasikmalaya melaporkan bahwa, terdapat 2.199 ODGJ yang tercatat pada Trimester 1 tahun 2022, yang tersebar di 39 kecamatan, 351 Desa dan 40 Puskesmas se-Kab.Tasikmalaya, dimana 1.531 ODGJ diantaranya sudah mendapat penanganan dan 663 ODGJ belum ditangani. Terdapat 19 ODGJ dengan Pemasungan, 6 ODGJ sudah bebas pasung dan 13 ODGJ masih menunggu pembebasan pemasungan.

Iyep Yudiana, SKM. MKM. sebagai Penanggung Jawab Lintas Sektor dan Integrasi Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) PKJN RSJMM, yang didampingi Sugih Setiaraharja, SKM. MM., sebagai penyuluh kesehatan, memberikan pemaparan terkait : Profile dan Layanan RSJMM, Materi Advokasi dan Sosialisasi Kesehatan Jiwa, serta Promosi kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa berupa Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Se-Kab.Tasikmalaya, yang disajikan dalam bentuk presentasi, pemutaran video dan tanya jawab serta tanggapan dari peserta Off/On-Line antara lain dari BPJS yang diwakili oleh Asep Supriyadi, yang siap memproses ajuan BPJS para ODGJ, Baznas yang diwakili oleh, M.Ihsan Nurul Maki, S. HI., yang akan memberikan santunan kepada keluarga ODGJ, Kepolisian Polres Kab.Tasikmalaya yang diwakili oleh Aipda Aming, AMK, yang akan membantu pengamanan acara dan Bagian Kesra pemda Tasikmalaya yang siap menjadi penyelenggara tempat kegiatan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat Kab.Tasikmalaya, yang dipungkas dengan penyerahan cinderamata berupa Lalender RSJMM dan Majalah Kesehatan “Dholphin” ke Dinkes Kab.Tasikmalaya.

Seluruh petugas baik Off/On-Line, semua sepakat bahwa akan menggelar kegiatan Promosi Kesehatan Jiwa berupa kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Evakuasi Masal 20-30 ODGJ Berat Se-Kab.Tasikmalaya, di Basemen Gedung Kantor Bupati Kabupaten Tasikmalaya.

pada minggu Ke-3/4 Agustus 2022, yang akan menghadirkan Pejabat dan seluruh SKPD terkait di Kab.Tasikmalaya.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

Laporan : Red/PKRS PKJN RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana