Sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal

KUNINGAN, INFODESAKU – Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama S.E secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya lokal (BUNDA MENYAPA) Bertempat di Balai Desa Tinggar, Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan, Senin (27/06/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan, Kadis Pertanian Kabupaten Kuningan, Pokja 3 PKK Kabupaten Kuningan, Muspika Kecamatan Kadugede, UPTD Pertanian Kadugede, Para Kades Sekecamatan Kadugede, KWT dan PKK Sekecamatan Kadugede.

Mengawali sambutannya Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama S.E menerangkan, kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal (kegiatan bunda menyapa ) ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Pangan Lokal, peraturan ini sebagai acuan untuk mendorong upaya penganekaragaman konsumsi pangan dengan cepat melalui basis kearifan lokal serta kerjasama terintegrasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyaraka.

“Kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya pangan lokal didasari pula oleh Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43/OT.104/10/2009 Tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal.” Jelasnya.

Masih menurut Hj. Ika, di Kabupaten Kuningan sendiri gerakan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal dikemas dalam sebuah kegiatan Bunda Menyapa, yang merupakan kegiatan Membangun Desa, Menata Sumber Daya Pangan Keluarga, yaitu sebuah kegiatan dengan maksud memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman sayuran, buah-buahan, ternak unggas dan kolam ikan sebagai penyedia sumber pangan keluarga berbasis pangan yang beragam, bergizi, seimbang, aman (B2SA).

Selanjutnya Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Purnama S.E mengatakan,” kebutuhan pangan merupakan yang salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi, karena dengan kebutuhan pangan kita akan terhindar dari adanya kekurangan pangan yang mengakibatkan terjadinya gizi buruk.Dengan Program Bunda Menyapa ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan satu keluarga, dengan cara memanfaatkan setiap pekarangan rumah dengan menanam sayur sayuran.

Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama S.E menambahkan, Guna meningkatkan kepedulian masyarakat, KWT dan Tim Penggerak PKK terkait dengan perubahan perilaku agar mau melaksanakan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal, saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus peduli dan berperan aktif dalam melaksanakan pemanfaatan pekarangan dan pangan disekitar lingkungan kita menjadi salah satu sumber peningkatan gizi keluarga, Kepala UPTD, Koordinator penyuluh dan penyuluh pertanian merupakan jembatan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian juga Dinas Perikanan Peternakan di lapangan dalam memberikan pemahaman teknis dan administrasi agar pelaksanaan program dapat berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua.

“ Melalui kegiatan sosialisasi ini, khususnya kepada Para Camat, Kepala UPTD dan stakeholders terkait, saya minta kerjasamanya untuk terus mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan gerakan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal di Kabupaten Kuningan” Ujar Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan.

Di sampaikan juga oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama S.E, PKK selalu hadir untuk pembangunan di Kabupaten Kuningan melalui kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat, seperti program bidang kesehatan pendidikan dan ekonomi. salah satu yang saat ini sedang kami kerjakan adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal. Saat ini kami memasuki tahun ketiga dalam melaksanakan program ini, sasaran penerima manfaat untuk tahun 2022.

“ Kita butuh kerjasama berbagai pihak agar stok pangan tercukupi dan distribusi pangan berjalan lancar. untuk itu, mari kita perhatikan keberadaan petani sebagai bagian penting produksi pangan. termasuk didalamnya ibu – ibu Kader PKK dalam pemanfaatan lahan pekarangan ” Ujar Hj.Ika Acep Purnama S.E

Masih dikatakan Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama S.E seperti yang kita ketahui bahwa pangan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mendasar. Kebutuhan pangan akan menjadi tolak ukur kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. sehingga, ketercukupan pangan masyarakat adalah salah satu wujud keberhasilan pembangunan daerah.

“ Pemanfaatan lahan pekarangan yang merupakan bagian dari kegiatan bunda menyapa memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas pangan keluarga, meningkatkan pemahaman dan perilaku keluarga dalam mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), meningkatkan keanekaragaman pengolahan hasil pangan pertanian berdasarkan kriteria b2sa. Kami ingin mensosialisasikan bahwa untuk hidup sehat dan asupan makanan bergizi tidak selalu harus mahal. Bisa kita penuhi dengan cara yang sederhana yang ada di sekeliling kita, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan pula, kepada para Camat dan jajarannya, para Kepala UPTD, Penyuluh serta jajaran aparat desa yang sampai saat ini telah bersinergi dengan baik bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada segenap pengurus dan Anggota TP PKK Kabupaten Kuningan, di semua tingkatan dari mulai Kabupaten, Kecamatan desa sampai tingkat RT yang tanpa lelah senantiasa mencurahkan tenaga dan meluangkan waktunya untuk kemajuan PKK tercinta.” pungkasnya.

 

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik