Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden intan Lampung Melaksanakan KKN Di Desa Palembapang

LAMSEL, INFODESAKU – Sebanyak 10 Orang Mahasiswa Dari universitas Islam Negeri Raden intan Lampung , Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Di Desa Palembapang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (05/07/2022).

kepala Desa Palembapang Hendryadi SE MM, saat wawancara dengan Media Infodesaku mengatakan, Alhamdulilah sesuai dengan visi kita bahwa menjadikan desa Palembapang bisa bersinergi dengan siapapun, bermitra dengan siapapun untuk menjadikan desa Palembapang untuk lebih baik, salah satu nya mitra kita adalah dari eksternal yaitu mitra dari kampus, dalam hal ini tahun 2022, dari berbagai macam jurusan mulai dari fakultas ekonomi, dakwah juga ada.

“Harapan kami selama 40 hari mereka ada di desa Palembapang bisa membawa hal yang baik, hal yang positif terutama berapa pentingnya pendidikan di era sekarang ini , karena banyak remaja di desa Palembapang tidak semuanya mampu menempuh pendidikan ke jenjang,” Ujarnya.

Namun dengan ada nya kawan – kawan bisa memotivasi warga secara umum baik baik itu orang tua maupun remaja, bahwa selepas mereka pendidikan SMA bisa menjadi motivasi mereka melakukan cekatan atau sekolah lebih lanjut.

” Selama 40 hari mereka di desa Palembapang bersosialisasi di desa ,di pemerintahan dan sosialisasi ke masyarakat, mereka juga melakukan kegiatan belajar bersama anak – anak desa, ini menjadi satu catatan penting bagi kami,” papar Hendryadi SE MM.

Sementara M Pratama Ramadhan selaku ketua kelompok KKN, dari jurusan manajemen dakwah UIN Raden intan Lampung menambahkan, kelompok KKN di desa Palembapang berjumlah 10 orang , semua dari universitas Islam Negeri Raden intan Lampung, yang terdiri dari beberapa asal daerah salah satu nya berasal dari Oku Selatan palembang, Lampung Krui, Lampung Pringsewu bahkan ada yang dari kecamatan Kalianda ini sendiri.

” Sebuah keberkahan bagi kelompok kami, bisa melaksanakan KKN di desa Palembang ini, karena kami bisa mempelajari tentang beberapa hal disini, Salah satunya, di desa Palembapang ini masih begitu menerapkan Adat dan tradisi, juga di kembangkan ke Aripan lokal dengan pencak silat sumber sumur 7 Elang bekekhang,” tuturnya.

Lanjut Ramadhan, pelaksanaan KKN adalah tahapan penjelasan kuliah mahasiswa dengan sistem pengabdian kepada masyarakat, artinya kami disini belajar bagaimana cara bermasyarakat dengan baik, karena ilmu di perkuliahan dengan ilmu kemasyarakatan itu jelas berbeda.

” Di perkuliahan kita hanya belajar materi dan teori, dengan mengikuti KKN kami belajar menerapkan ilmu yang kami dapatkan di bangku kuliahan dan juga kami belajar bagaimana cara bermasyarakat , namun KKN ini dilaksanakan dengan mengikuti prosedur dari kampus , demi menjaga nama baik Almamater kami,” pungkasnya

 

 

Laporan : WL/ BR

Related posts

Ketua Kwarcab Minta Jajaran Pramuka Tingkat Kecamatan Di Berbagai Kegitan Sosial Pramuka Harus Hadir

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional