Desa Palembapang Peringati Hari Persahabatan Internasional Dan 1Muharam 1444 H

LAMSEL, INFODESAKU – Pemdes Palembapang Menggelar Acara Memperingati Hari Persahabatan Internasional Dan 1 Muharam 1444 H, Dengan Tema “Melalui Solidaritas Ciptakan Kwalitas Menuju Desa Layak Anak” yang di laksanakan di lapangan Desa Alam Mutokh, Desa Palembapang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Kamis (28/07/2022) lalu.

Kegiatan yang dihadiri oleh Zaidan SE Camat Kalianda, Hendryadi SE MM Kades Palembapang, Qarinilwan,SH.MH Kadis Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Lampung Selatan, Sri Rahayu, S.Psi.MH Kasubsi Registrasi Lapas Kalianda, Nurkumala Hijrah Kabid Pemenuhan Hak Anak Dinas PPA, Habil Skm kepala UPT puskesmas Kalianda, Amin dan Laily Duta Baca mendongeng, dan Mahasiswa UIN Raden intan Lampung serta seluruh Aparatur Desa Palembapang.

Qorinilwan, SH.MH kadis Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Lampung Selatan mengatakan, hal ini yang sangat positif, inisiatif dari desa, dimana Ibu kades juga di samping Bunda literasi,Bunda Paud, juga kita mendukung turun ini adalah untuk meningkatkan minat baca pada siswa.

“Makanya kita turun Tim pendongeng dan Tim perpustakaan, Jadi ini inisiatif dari desa Palembapang yang pertama di Kalianda Lampung Selatan. Kita Harapkan ada gerakan dari masing-masing desa-desa , kalau masing – masing bergerak serentak, saya pikir acara seperti ini meningkatkan minat baca siswa, kita siap mendukung,” tutur Qorinilwan

Sri Rahayu Registrasi Lapas Kalianda menambahkan, dengan adanya kegiatan ini melalui Solidaritas kita ciptakan kwalitas menuju desa layak anak, Kegiatan ini sangat berguna karena untuk memberi support positif kepada anak – anak kita.

“Untuk contohnya edukasi dan lain- lain itu memberikan stimulus di kepala mereka bahwasanya ini sangat baik untuk mereka kedepannya, menjadi pribadi yang baik, pribadi yang berani dan tahu permasalahan yang di larang dan yang tidak,” papar Sri Rahayu.

Hal senada diungkapkan Nurkumala Hijrah Kabid Pemenuhan Hak Anak Dinas PPA Lampung Selatan, Melalui Solidaritas Ciptakan Kwalitas Menuju Desa Layak Anak, sebenarnya mendukung program dari kabupaten Lampung Selatan Tentang Layak Anak.

” Desa Palembapang ini menjadi pelopor kegiatan yang dilaksanakan hari ini karena banyak yang harus kita edukasi baik dari orang tua kepala desa juga harus mengetahui apa sih desa layak anak itu, apa yang harus di penuhi dari fasilitas nya yang di desa, Harus ada Taman bermain, sekolah ramah anak, puskesmas ranah anak, itu adalah indikator dari kabupaten, untuk desa banyak lagi indikator yang lain nya untuk memenuhi yang desa layak anak,” paparnya

Nurkumala Hijrah Berpesan, semoga nanti Kedepan nya Desa- desa mengikuti desa Palembapang, kegiatan yang positif ini di contoh desa – desa yang lain, ini persiapan kabupaten layak anak, di dukung di awali oleh desa – desa Layak Anak,” tegasnya

Hendryadi SE. MM kades Palembapang mengatakan, jadi kita memperingati hari persahabatan internasional, kenapa memang saya memberikan pesan di acara ini, bahwa kita anak desa juga, anak – anak anak tidak menjadi minder bahkan kita bisa melaksanakan kegiatan peringatan persahabatan internasional artinya, anak – anak ini bisa menimbulkan kepercayaan diri mereka.

“Dari kawan – kawan kampung dongeng, kita memberikan dongeng kemudian ada lomba cerdas , juga bagaimana memotivasi mereka agar lebih aktif sebagai anak lebih produktif. Kemudian di sambung lagi dengan kegiatan tahun baru Islam 1 Muharam 1444.H, harapan kami anak – anak juga cerdas secara emosionalnya dan secara intelektual nya namun juga cerdas secara relegius, sehingga Anak – anak desa Palembapang benar – benar menjadi desa yang layak anak,” pungkasnya

 

 

Laporan : WL/ BEDDi Rizal

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa