Karnaval Dongdang Jadi Simbol Ketahanan Pangan Kecamatan Sukamakmur

BOGOR, INFODESAKU – Ratusan Dongdang ( Dongdang adalah istilah Sunda yang berarti tempat membawa makanan atau barang hantaran saat pesta atau peristiwa istimewa. red) meriahkan acara HUT RI ke – 77 di Kecamatan Sukamakmur, Dongdang tersebut diarak terlebih dahulu sebeleum pelaksanaan upacara. Rabu, (17/08) lalu.

Dalam upacara tersebut Bakri Hasan .S.AP.,S IP.,MA bertindak sebagai Inspektur dan Serma. Kurniadi sebagai komandan upacara.

Setelah selesai upacara Bakri menjelaskan Dongdang bukan sekedar alat atau wadah untuk makanan dan barang lainnya, Dongdang merupakan simbol ketahanan pangan dan kesejahtraan masyarakat, oleh sebab itu pada HUT RI ini kami adakan karnaval dan lomba Dongdang antar desa dan yang dinilai bukan hanya keunikan bentuk namun juga isinya.

Adapun isi dongdang tersebut beraneka ragam, seperti Duren Pete, Singkong, Bekakak, Nasi kuning, sayuran dan hasil pertanian lainnya sesuai dengan komoditi andalan desa masing-masing.

” Semoga di hari kemerdekaan ini bisa menjadi momen untuk meneladani para pahlawan kita yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia dan anak-anak bangsa bisa meneruskan hasil perjuangan para pahlawan yang telah gugur”, tuturnya.

 

Laporan : Endang. M

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa