24 ODGJ Berat Se-Kab.Tasikmalaya, Dievakuasi Masal Untuk Diobati ke PKJN-RSJMM

BOGOR, INFODESAKU – Fajar mulai menyingsing, beberapa kendaraan ambulance milik puskesmas dan desa, serta kendaraan operasional kedinasan, sudah mulai berdatangan ke pelataran parkir Gedung Pramuka yang berlokasi di Jl.Raya Mangunreja, Kec. Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46462, untuk mengikuti acara Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksan dan Evakuasi Masal ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) Berat Se-Kab.Tasikmalaya, yang merupakan kerjasama antara Pemda Kab.Tasikmalaya, melalui SKPD terkait, bersama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM), yang merupakan Rumah Sakit Rujukan Jiwa Vertikal dibawah Kemenkes RI, yang berlokasi di Jl.Dr.Sumeru No.114 Bogor 16111.

250 peserta yang terdiri dari unsur : Dinkes, Dinsos, Polres, Kodim, Satpol PP, Puskesmas, Kecamatan, Desa, TKSK, PSM, Kader, Relawan, Aparat RT/RW, Keluarga, ODGJ, dll, hadir memadati lokasi kegiatan untuk mendapatkan Layanan Kesehatan Jiwa dari petugas Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat PKJN-RSJMM, yang terdiri dari : Psikiater, Dokter IGD, Perawat Jiwa, Promotor Kesehatan, Pekerja Sosial, dll, berupa pemeriksaan, diagnosa, pengobatan rawat jalan, edukasi kesehatan jiwa dan evakuasi ODGJ ke RSJMM, untuk mendapatkan perawatan, pengobatan dan rehabilitasi selama 3 minggu kedepan, sampai kondisi pasien kembali pulih, sehingga bisa kembali lagi ke lingkungan keluarga dan masyarakat dengan pengawasan minum obat dan kontrol oleh pihak keluarga dan puskesmas setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kab.Tasikmalaya, yaitu dr.H.Heru Suharto, MM.Kes., yang didampingi oleh Iyen Nuryanah, S. ST, M.Si., sebagai Sub.Koordinator Keswa dan H.Dede Subekti, S.Pd., M.Kes., sebagai PJ Keswa Dinkes Kab.Tasikmalaya, membacakan Sambutan dari Bupati Tasikmalaya, yang tidak bisa hadir karena ada sesuatu hal.

Dinkes juga menyampaikan bahwa terdapat 32 ODGJ yang terdaftar untuk dilakukan pemeriksaan oleh Tim PKJN-RSJMM, yang berasal dari 18 kecamatan dan 19 puskesmas se-Kab.Tasikmalaya.

“Semoga ke-32 ODGJ bisa datang ke lokasi kegiatan dan bisa dilakukan pengobatan rawat jalan atau evakuasi rawat inap ke PKJN-RSJMM, dengan pelayanan terbaik”. Ujarnya.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai PJ Lintas Sektor dan Integrasi Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), dihadapan Kadinkes Kab.Tasikmalaya dan seluruh peserta yang hadir, atas nama Direksi PKJN-RSJMM, mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kepercayaan Pemda Tasikmalaya terhadap Pelayanan Kesehatan Jiwa dari PKJN-RSJMM.

Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat melalui dr.Prasetiyawan, Sp.KJ (K), sebagai Psikiater dan dr.Melda Kusumawardani, sebagai dokter IGD RSJMM, beserta anggota tim lainnya, berhasil memeriksa 27 ODGJ yang bisa hadir ke lokasi acara, mengobati 3 ODGJ untuk rawat jalan dan menetapkan 24 ODGJ untuk dilakukan perawatan dan pengobatan di PKJN-RSJMM.

Setelah dilakukan serah terima secara resmi dan pemeriksaan barang bawaan dari barang berharga, uang, benda berbahaya, dll oleh Tim TNI, Polisi dan Satpol PP, akhirnya ke-24 ODGJ diabsen satu persatu untuk memasuki armada bis PKJN-RSJMM, ditambah kendaraan operasional dari Dinkes Kab.Tasikmalaya, menuju Bogor dengan berkomvoi.

Ke-24 ODGJ Kab.Tasikmalaya, langsung di distribusikan oleh petugas ke-7 bangsal jiwa yang telah ditetapkan, setibanya di RSJMM sekitar pkl.20.00 WIB sampai semua ODGJ mendapatkan ruang rawatnya masing-masing.

 

🖐Stop Pemasungan dan Penelantaran ODGJ.

🤝Manusiakan Msnusia lebih Manusiawi.

💪Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

Laporan : Red/PKRS PKJN-RSJMM

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring