Pemdes Bojong Nangka Berbagi Ilmu Kepada Puluhan Kades dan BPD Asal Merangin Jambi

BOGOR, INFODESAKU – Puluhan Kepala Desa (Kades) dan BPD dari tiga Kecamatan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi kunjungi Desa Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, untuk melaksanakan Studi Banding program-program unggulan Desa Bojong Nangka, Rabu (21/9/22).

Dalam acara ini dihadiri, Camat Gunung Putri, Didin Wahidin, Kades Bojong Nangka, Amir Arsad, Kades se-Kabupaten Merangin, Irwan Suhada Kabid DPMD Kabupaten Merangin, BPD se Kabupaten Merangin.

Irawan Suhanda Kepala Bidang (Kabid) DPMD Kabupaten Merangin mengatakan, kunjungan pada hari ini di Desa Bojong Nangka dalam kegiatan untuk peningkatan kapasitas Desa, dalam pembangunan Desa.

“Kami dari Kabupaten Merangin Provinsi Jambi membawahi 38 para Kepala Desa dan 33 BPD yang sengaja kita datangkan kesini, karena kita lihat kapasitas Desa Bojong Nangka ini di media pun sudah tersebar bahwa dalam pengelolaan admistrasinya, dari kepemimpinan dan bahkan pengelolaan-pengelolaan aset Bumdes sangat luar biasa, ini yang jadi pemicu kami datang kesini untuk melihat dan studi Banding,” ucapnya.

Selanjutnya Ia menyampaikan, bahwasannya studi banding ini adalah suatu bekal yang akan di bawa pulang nanti ke Provinsi Jambi khususnya di kabupaten Merangin.

“Karena Kabupaten Merangin cakupan desanya sangat luas, hanya jumlah penduduk di satu Desa sedikit, kalau disini saya dengar penduduk Desanya mencapai 32 Ribu di kami satu Desa hanya 1500, yang tertinggi rata rata hanya 2800 itu Desa terbesar yang terdekat dengan Kota,” paparnya.

Selanjutnya Irawan Suhanda menjelaskan, dari pengelolaan bulanan dari aset yang didapat Desa di Kabupaten Merangin PAD cukup minim, bahkan pembagian hasil pajak cukup minim, disini gaji perangkat Desa dan gajih Desa yang luar biasa.

“Kami disini cuma 2,4 juta per satu bulan, nah ini yang jadi pemicu bagi kami untuk bisa mengambil ilmu ini, bagaimana kami bisa meningkatkan PAD itu untuk ditingkatkan. Nah inilah yang menjadi studi banding kita untuk bisa kita terapkan di Kabupaten Merangin,” jelasnya.

Ia pun memaparkan, yang pertama diambil dalam studi banding di Desa Bojong Nangka ini, yang pertama adalah cara kepemimpinannya, yang kedua admistrasi Desanya, dan yang ke 3 di bidang pendapatan Desa.

“Desa Bojong Nangka sampai mempunyai 4 mobil ambulance, kami satu pun susah karena bener benar mengandalkan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa,” tutupnya.

Sementara Kepala Desa Bojong Nangka Amir Arsad mengatakan, kunjungan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas dari Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Merangin datang ke Desa Bojong Nangka untuk bertukar pikiran.

“Mereka memohon 2 minggu yang lalu untuk bisa berkunjung ke Desa Bojong Nangka, tapi alhamdulillah hari ini mereka bisa datang kesini,” ucapnya.

Selanjutnya Ia pun menyampaikan kunjungan dari Kabupaten Merangin datang ke Desa Bojong Nangka yang pertama kaitan inovasi, yang kedua kaitan Pemerintahan, kelembagaan dan kemasyarakatan

“Yang ikut kesini sekitar 64 Desa, rata rata ini bagian dari Kepala Desa yang baru dilantik 3 bulan dari 3 Kecamatan, tadi juga ada dari beberapa Kecamatan memohon lagi untuk 3 yang berikutnya untuk bisa berkunjung kesini lagi. Saya sebagai Kepala Desa mempersilakan,” paparnya.

“Alhamdulillah Kecamatan Gunung Putri bisa dilihat oleh wilayah Provinsi yang lain terutama Desa Bojong Nangka ini berkat kerjasama semua, bukan hanya kepintaran Kepala Desa, ada lembaga Desa, perangkat Desa termasuk Camat sebagai pembina kita Di kecamatan,” pungkasnya.

 

 

Laporan : EPF

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA