Rangkaian Hari Jadi Kab.Sukabumi Ke-152 Tingkat Kecamatan Dan Pekan Budaya Daerah, Palagan Jadi Lautan Masa

SUKABUMI, INFODESAKU – Palagan Bojong Kokosan di penuhi hingga ribuan masa berkumpul di lapangan perjuangan Palagan Bojongkokosan untuk memeriahkan Pekan Budaya Daerah dan Jalan Sehat Berbudaya. Perhelatan kolosal tersebut merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Jadi ke-152 Kab. Sukabumi tingkat Kecamatan Parungkuda, Sabtu (24 /09/2022).

Acara dibuka oleh Wakil Bupati H. Iyos Somantri serta dihadiri anggota DPRD, Dewan Kebudayaan,Perangkat Daerah, Forkopimcam, Pemerintah Desa se-Kecamatan Parungkuda, unsur pendidikan, OKP ORMAS, dan masyarakat umum.

Berbagai atraksi dan seni budaya tradisional ditampilkan dalam event itu, mulai senam gurilapss, tari jipeng, pencak silat, parebut seeng dan Bambu Gila juga door prize. Tak hanya itu diiawal acara dilakukan juga penyerahan bantuan kursi roda.

Menurut Camat Parungkuda, Deden Sumpena, jalan sehat ini merupakan bagian tak terpisahkan dari rangkaian kegiatan hari jadi Kab. Sukabumi tingkat Kecamatan Parungkuda untuk menguatkan silaturahmi, kecintaan terhadap daerah juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Mudah-mudahan jadi event tahunan yang berdampak positif bagi sektor sosial ekonomi, kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung kelancaran acara, serta semua masyarakat yang telah berpartisipasi” jelasnya.

Camat juga mengingatkan kepada semua senantiasa berhati-hati selama mengikuti acara, menjaga keamanan diri serta melestarikan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ditempat yang sama,Wakil Bupati H. Iyos Somantri menyebutkan bahwa acara tersebut merupakan acara paling meriah yang mana Palagan Bojong Kokosan di penuhi lautan masa, untuk itu Wabup memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran kecamatan parungkuda dan semua pihak yang telah berkontribusi.

“Kegiatan jalan sehat berbudaya ini sangat meriah, mudah-mudahan menguatkan kebersamaan untuk mewujudkan kabupaten Sukabumi yang Religius maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin, karena itu harapannya melalui kegiatan ini semua dapat manfaat kesehatan dan berbahagia bersama” ungkap Wabup.

Terkait acara Pekan Budaya Daerah, masyarakat memberikan dukungan dengan menggunakan pakaian adat sunda baik pria maupun wanita.

“Saya sangat bangga dengan penampilan budaya sunda bapak ibu sekalian, membuat kesan pekan kebudayaan daerah semakin terasa, hingga Palagan Bojong Kokosan di menjadi lautan masa untuk ikut mensukseskan kegiatan tersebut, maka dari itu mari kita junjung dan lestarikan warisan budaya leluhur sebagai jati diri daerah kita,” ungkapnya.

 

Acara dilanjutkan start jalan sehat berbudaya yang ditandai dengan pengangkatan bendera oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri dan pembukaan Pekan Budaya Daerah yang mengusung tema “Soekabumi Tempo Doeloe

 

 

Laporan : BA

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa