Kadis PMD Kunjungi Teropong Kota Desa Wisata Sumur Kumbang

LAMSEL, INFODESAKU – Tim Desta Desa Wisata PMD ,Mengunjungi Destinasi Wisata Teropong Kota yang di bangun dari Dana Desa Sejak Tahun 2019 – 2020, yang berada di Desa Sumur Kumbang Kecamatan Kalianda kabupaten Lampung Selatan, Senin (26/09/2022).

Erdiansyah Kadis PMD Kabupaten Lampung Selatan Mengatakan, Destinasi ini Khas, karena hampir rata – rata destinasi wisata di Lamsel menawarkan wisata pantai atau Air Terjun, namun Desa Sumur Kumbang Memiliki kekhasan tersendiri yaitu objek wisata pegunungan berhawa sejuk, View Kota Kalianda dengan jarak hanya 10 menit dari pusat kota.

“Sebelum pandemi Teropong kota ini sangat ramai, namun sejak pandemi berkurang oleh karena itu harus di revitalisasi atau di perbaharui lagi tentunya dengan semangat kebersamaan dan gotong royong ,bisa di support dengan Dana Desa, selain teropong kota, ada kolam renang diatas gunung,”  papar erdiansyah.

Lebih lanjut, Desa Sumur Kumbang juga memiliki Destinasi budaya dan religi, seperti Ruwat Bumi Tahunan, Petilasan Penyebar Agama Islam Syeh Mansyur  dan Objek Sumur Kumbang kesenian, seni Budaya , Agrowisata Durian, produk UMKM khas seperti: Gula Aren, emping melinjo, olahan makanan dari durian, produksi Cobek atau lumpang batu dan lain – lain.

“Dan yang terkenal Desa Sumur Kumbang merupakan gerbang jalur utama pendakian ke Gunung Rajabasa, dimana ada pos 1 , tentunya jika dirangkai menjadi paket wisata dan budaya, Desa Sumur Kumbang layak menjadi Desa Wisata, yang akan membuat tidak hanya wisatawan lokal namun hingga mancanegara,” ungkap erdiansyah Kadis PMD.

Hal yang sama menurut Ramli PJ Kades Sumur Kumbang mengatakan, insyaallah Teropong kota Sumur Kumbang akan mulai di Revitalisasi lagi paling lambat akhir tahun. Sebagaimana diketahui bapak Bupati H. Nanang Ermanto sedang giat promosikan Lampung Selatan dengan Branding, promosi dan marketing menciptakan destinasi dan objek tujuan kunjungan seperti,  Track Sirkuit Motor cross Way Khagom, lapangan Lamsel Expo hingga Agrowisata dan kecamatan Fair di Desa – desa, tentunya untuk menarik minat kunjungan wisatawan datang ke Lamsel khususnya Kalianda dan sekitarnya.

“Untuk Desa wisata sendiri setidaknya ada 10  Desa Wisata yang sudah progres yaitu, Desa Kecapi Wahana Simpur, Air Terjun Way Kalam, Taman Baru WTC, Klawi  Minang Rua , Sukaraja  Way Tayas Savana, Kunjir  dengan pantai 1000 Gazebonya, Suak dengan Pantainya yang terkenal Jalur Trabasan Otomotif Off-road/ motorcross Srikaton Gunung Batu , Negara Ratu Embung Wayratu, dan akan kita dorong lagi agar Sumur Kumbang menjadi Desa Wisata,” pungkasnya.

 

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional