Badan pertanahan Nasional Provinsi Lampung Menggelar Sosialisasi Konsolidasi Tanah Di Desa Bakti Rasa

LAMSEL, INFODESAKU – Badan Pertanahan Nasional Provinsi Lampung mengadakan Sosialisasi Konsolidasi Tanah Yang dilaksanakan Balai Desa Bakti Rasa Kecamatan Sragi kabupaten Lampung Selatan Kamis, (27/10/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh H.Muhrizal Efendi,.SH Camat Sragi, Amar Sumarna,.SE kepala Desa Bakti Rasa, Suhono,.S.SiT Korsup Tanah, tamu undangan dan seluruh Aparatur Desa Bakti Rasa

H.Muhrizal Efendi Mengatakan, Alhamdulilah kita melaksanakan acara sosialisasi konsolidasi tanah tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan wilayah provinsi Lampung.

” Yang mana program ini dikecamatan Sragi tepatnya di dua desa yaitu Desa Bakti Rasa dan Desa Mandala Sari,” ucap Muhrizal Efendi camat Sragi.

Lebih lanjut, Alhamdulilah masyarakat mendukung , karena ini sebetulnya adalah konsolidasi tanah ini adalah penataan kembali tanah yang ada di masyarakat, terutama daerah pertanian dan pemukiman.

“Masyarakat mendukung program ini bisa berjalan bagus dan baik, supaya bermanfaat untuk masyarakat, nanti akan diberikan fasilitas – fasilitas baik wilayah pertanian bisa di bangun jalan, irigasi dan fasilitas – fasilitas yang lainnya yang diuntungkan adalah masyarakat,” terang Muhrizal Efendi.

Masih kata Muhrizal Efendi, yang tadi nya masyarakat susah mengeluarkan hasil produksinya jadi mudah untuk mengeluarkan hasil produksinya yang tadi nya irigasinya tidak ada.

“Jadi ada yang tanahnya tidak tertata akhirnya bisa jadi tertata, ini semua setelah penataan ulang tanah, milik masyarakat ini untuk proses pengadaan sertifikat nya di bantu oleh BPN,” papar Muhrizal.

Di tempat yang sama Suhono selaku konsup tanah menambahkan, sebenarnya konsolidasi tanah ini adalah kegiatan penataan kembali kepemilikan penggunaan dan peruntukan bidang tanah yang sesuai dengan rencana tata ruang yang ada dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat, berupa menyumbangkan sebagian tanah nya, untuk kepentingan umum.

” Misalnya jalan tanah pertanian mungkin irigasi , jalan sarana tani seperti itu, dan untuk ini Kanwil dari provinsi Lampung , mengambil lokasi di kecamatan Sragi , khusunya di Desa Bakti Rasa dan Desa Mandalasari,” papar Suhono.

Kegiatan ini berlanjut, mungkin tahun ini sosialisasi dulu, kalau ada persetujuan dari masyarakat kemungkinan tahun depan atau tahun selanjut nya baru dilaksanakan.

“Tahun ini Sosialisasi mencari minat , mencari potensi dari desa ada gak minat dari masyarakat apakah ada potensi dari desa untuk di kembangkan,” pungkas nya.

 

 

Laporan : Ridwan/ BR

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA