Jalin Persaudaraan Pangeran Tihang Makhga Sai Batin Dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI)

LAMSEL, INFODESAKU – Dalam rangka silaturahmi jalin persaudaraan, pangeran tihang makhga sai batin azhar marzuki, selaku tuan rumah menyambut rombongan marga tionghoa yang berjumlah 14 orang secara simbolis, yg di awali dengan pencak silat yg menandai penyambutan adat tihang marga sai batin marga legun, yang beralamatkan jalan raya kesugihan, desa kesugihan, kecamatan kalianda kabupaten lampung selatan, Minggu (06-11-2022).

Pembawa acara Rudi gunawan S.T., dalam pembukaan nya, mengucapkan” selamat datang yang sudah hadir di lamban adat makhga legun rumah pangeran bapak azhar marzuki, gelar pangeran tihang makhga sai batin makhga legun, dalam rangka menghadiri acara angkon kemuakhian atau menjalin persaudaraan,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut pangeran tihang makhga sai batin azhar marzuki sekaligus tuan rumah, Punggawa bakhu temunggung jaya brata helizar, karya kerta negara amiril, raden nimbang mursalin jafar, batin sampurna mursalin, minak paku mardiansyah, dan seluruh tamu undangan marga tionghoa yang hadir.

Adapun kegiatan silaturahmi jalin persaudaraan tersebut, pangeran azhar marzuki adakan penyematan kikat hanuang bani secara simbolis, Dimana tujuannya supaya adat kita tidak tergerus oleh jaman.

“Intinya,berbagai suku adat, etnis, dan latar belakang bersatu untuk lampung selatan maju, lintas sektoral, bersama kita indonesia bangkit lampung selatan,” imbuhnya.

Saat di konfirmasi awak media Yoyo Wijaya yang biasa di sapa ko ayen, mewakili seluruh paguyuban sosial marga tionghoa indonesia [PSMTI] mengatakan, sangat senang sekali karena sangat terbuka setelah di nyatakan mau di angkat semua pihak kita dari marga tionghoa menyatakan bersedia.

“Dengan adanya penyematan kikat hanuang bani ini, ko ayen juga berharap supaya sama-sama saling menjaga baik itu silaturahmi, adat, dan juga kebersamaan,” ungkapnya.

Di acara penutup, terlihat keharmonisan dan kekeluargaan pangeran tihang makhga sai batin azhar marzuki, mengajak seluruh paguyuban sosial marga tionghoa indonesia [PSMTI] untuk ngobrol dan makan bersama.

 

 

Laporan : Ridwan/BR

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya