3 Wilayah RW Jadi Prioritas Infrastruktur Samisade Pemdes Karanggan Kecamatan Gunung Putri

BOGOR, INFODESAKU – Program bantuan keuangan infrastruktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade) Kabupaten Bogor tahun 2022 saat ini tengah disosialisasikan bahkan diantaranya ada yang sudah melaksanakan launching dimasing-masing Desa menjelang akhir tahun. Dan pelaksanaan launching merupakan sarana atau media informasi kepada warga masyarakat.

Bertempat dilingkungan wilayah RW 02, Pemerintah Desa Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, menggelar sosialisasi sekaligus launching program bantuan keuangan infrastruktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2022 pada Kamis (10/11).

Dalam jenis kegiatan pada lauching kali ini yakni peningkatan jalan desa dengan volume Panjang 600 Meter, Lebar 3 Meter, Tinggi 0,15 Meter yang berlokasi di Kp. Karanggan Muda RT 01,05 RW 02 sumber anggaran APBD Kabupaten Bogor dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 327.629.000,- (Tiga Ratus Dua Puluh Tujuh Juta Enam Ratus Dua Puluh Sembilan Ribu Rupiah) tim pelaksana TPK Desa Karanggan. Dan Pembangunan Drainase di wilayah RW 03, serta pembangunan Jalan dan Drainase di wilayah lingkungan RW 03 dan RW 04.

Menurut Adang, Kepala Desa Karanggan Mengatakan, bahwa pada kesempatan kali ini Pemerintahan Desa Karanggan melaksanakan lauching pembangunan infrasruktur dari program samisade, karena ia merasa bersyukur atas terbentuknya TPK Desa Karanggan dengan kepercayaan dalam pelaksanaan yang sudah berjalan pada Samisade di tahun 2021 lalu, alhamdulillah kita terkhusus di Desa Karanggan Kecamatan Gunung Putri masih mendapatkan bantuan keuangan untuk bidang infrastruktur atau samisade di tahun 2022. Karena bukan perkara yang mudah masih banyak di Kabupaten Bogor dari sekian desa yang tidak terbagi kita tidak tahu permasalahannya yang jelas. Alhamdulillah di kita masih bisa mendapatkan bantuan rata-rata sebesar 1 milyar rupiah bahkan ada yang kurang dari 1 milyar.

“Alhamdulillah, kita di Tahap 1 sudah melaksanakan di wilayah Dusun II pembangunan drainase yang melintasi wilayah RW 06, 07, dan 08 sudah kita laksanakan dan saat ini atau tahun ini pelaksanaan samisade di Dusun I, adapun perencanaan yang sudah di sepakati atau masukan pada musrenbang di tahun lalu, sesuai perencanaan Pemerintah Desa Karanggan dalam pemerataan pembangunan yang ada di 3 dusun di Desa Karanggan, dengan di percayanya bantuan ini sehingga kita bisa melanjutkan pembangunan yang tidak tercover oleh bantuan Dana Desa,” Jelas Adang.

Lebih lanjut, untuk pembangunan ini di bagi menjadi 3 titik salah satunya betonisasi jalan, drainase di wilayah Lingkungan RW 03 dan peningkatan jalan dan drainase di wilayah lingkungan RW 04.

“Kami titipkan kepada TPK agar masyarakat, ketua RT, RW dan Dusun agar jalankan kepercayaan dari Pemerintahan Kabupaten Bogor dalam mengenai anggaran dan  menjalankan program samisade saya titipkan kepada TPK, mudah-mudahan hasilnya sesuai target sesuai keinginan sehingga masyarakat dapat menikmati dan manfaat dari bantuan ini,” paparnya.

Masih ditempat yang sama Ketua TPK Desa Karanggan Nurhaman menuturkan, bahwa kegiatan ini sudah kita lakukan dari dua hari yang lalu untuk pemerataan awal untuk pelaksanaan yaitu pengerjaan jalan desa yang ada dilingkungan wilayah RW 02.

“Kami siap untuk menjalankan kegiatan ini dan alhamdulillah tidak ada kendala karena niat kami untuk membangun desa agar bisa tercapai apa yang kita harapkan,” ucapnya.

Masih ditempat yang sama Staf Kasi Ekbang Asdi yang mewakili Camat Gunung Putri mengatakan, alhamdulillah dalam acara lauching samisade ini sudah di bagi-bagi wilayah untuk pembangunan dan kegiatan ini sudah dimulai oleh ketua TPK selaku pelaksana, dengan adanya bantuan infrastruktur ini masyarakat Desa Karanggan lebih bisa menikmati sarana dan prasarana yang telah di bangun oleh pemerintah yang dilakasanakan oleh desa itu sendiri.

“Alhamdulillah, di sepuluh Desa yang ada diKecamatan Gunung Putri mendapatkan bantuan samisade dari tahap pembuatan proposal, sampai pengajuan sehingga pembangunan dapat terlaksana dan minggu ini sudah mencapai 60% dari hasilnya, capaiannya nanti akan kita kawal, karena bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat.” Pungkasnya.

Dalam kegiatan Launching Samisade di hadiri Kepala Desa, BPD, LPM, RT, RW, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Wakapolsek, Kasi Ekbang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pol PP, Pendamping Desa, serta Masyarakat.

 

 

Laporan : EPF

Related posts

Iwan Setiawan Pastikan Pengamanan Idul Fitri 1444 H Berjalan Dengan Baik

Melalui Layanan Samsat Ngabuburit, Pemkab Bogor Sinergi Dengan Samsat Tingkatkan Budaya Taat Pajak

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Dandim 0621 Perkuat Sinergi Wujudkan Kabupaten Bogor Gobest Melalui Bapak Asuh Stunting