Anniversary Komunitas Kempiss, Dinas Perikanan Lepas IKAN Tawes Di Situ Zen

SUKABUMI, INFODESAKU – Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi melepasliar ikan tawes di Situ Zen Kp. Cisitu, Desa Sukamulya, RT.16/RW.6, Pasir Datar Indah, Kec. Caringin. Kegiatan tersebut dilakukan bertepatan dengan Anniversary ke 14 Komunitas KEMPISS, Minggu (6/11/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Kapolsek Caringin, Kepala Desa Se-Kecamatan Caringin dan Komunitas Mancing.

Kadis perikanan, Nunung Nurhayati membuka acara kegiatan mancing bersama itu dan memberikan arahan mengenai pelestarian ikan lokal/ ikan asli melalui upaya rilis atau restocking ikan hasil tangkapan, terutama ikan lokal seperti tawes, Nilem dan Sidat.

” Komunitas Pemancing Ikan Sungai Sukabumi merupakan salah satu pelopor komunitas pemancing ikan di Sukabumi yang banyak berkontribusi untuk kegiatan sosial diantaranya Bersih sungai, Penanaman pohon di Sempadan sungai, membantu pembangunan jembatan serta santunan anak yatim yang dananya” jelasnya.

Nunung juga menghimbau kepada komunitas  pemancing selaku ujung tombak pelaku usaha perikanan tangkap di Sungai agar dapat bersama- sama menjaga kelestarian ekosistem perairan khususnya perairan darat melalui upaya bersih sungai, Penanggulangan ikan invasif dan kegiatan positif lainnya

Dalam kesempatan tersebut komunitas pemancing bersama-sama mendatangani komitmen pelestarian ikan dan pencegahan ilegal fishing serta turut serta dalam mengawasi kegiatan perikanan di perairan setempat sesuai dengan amanat UU. No 31 tahun 2004 junto UU no 45 tahun 2009.

Penandatangan komitmen ini di awali oleh Kepala Dinas Perikanan, dilanjutkan oleh Kapolsek Caringin dan diikuti serentak oleh perwakilan Komunitas, selain pemancing.

 

 

Laporan :  Ba

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove