BAWASLU Gelar Sosialisasi PPP Untuk Ormas se-Lamsel

LAMSEL, INFODESAKU – Bawaslu gelar sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu (PPP) bersama ormas di kabupaten Lampung Selatan. Sosialisasi yang dilaksanakan di Negeri Baru resort Kalianda tersebut dibuka oleh anggota Bawaslu provinsi Lampung, Tamri, S.Hut, S.H,. M.H pada hari Senin, (14/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota komisi II DPR RI Zulkifli Anwar, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Hendra Fauzi dan anggota Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan Fakhrur Rozi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh 100 orang peserta yang terdiri dari Organisasi masyarakat, pemuda, mantan-mantan kepala Desa serta APDESI.

Dalam sambutannya, Tamri menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 lalu, banyak petugas kami dari Bawaslu dan juga KPU yang meninggal dunia. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya faktor kelelahan, dimana petugas di TPS harus melakukan penghitungan C1 yang begitu banyak dari partai harus dipindahkan satu persatu, dan ada 5 kotak suara yang harus dihitung. Maka wajar, di dalam pelaksanaan pengawasan, banyak jajaran kami yang meninggalkan lokasi TPS karena kelelahan dan sakit.

Lanjut, “Dari itu kami mengharapkan masyarakat dapat terlibat aktif dalam penyelenggaraan Pemilu yang akan datang. Mengingat kami di Provinsi Lampung hanya 7 orang, di kabupaten ada 5, di Kecamatan ada 3 orang, di desa 1 orang dan di TPS hanya ada 1 orang. Kami bawaslu sangat meyakini bahwa kita semua termasuk para caleg, menginginkan agar bagaimana pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berjalan sukses dan damai. Minimal, jika ada pelanggaran, maka bapak ibu wajib melaporkan kepada Bawaslu” tuturnya.

Terpisah saat pemaparan materi yang disampaikan oleh anggota komisi II DPR RI Zulkifli Anwar, Dalam paparannya mengajak peserta yang hadir untuk ambil bagian dalam pengawasan pemilu tahun 2024. Bawaslu dan KPU adalah mitra Komisi II, maka dari itu melalui sosialisasi pengawasan seperti inilah yang paling efektif dan mengena di masyarakat.

“Jika Pemilu tidak diawasi, maka dapat dibayangkan bagaimana akan terjadinya kekacauan dalam pemilihan ini. Maka dari itu, mari sama-sama kita awasi pelaksanaan Pemilu tahun 2024 ini agar berjalan dengan sukses dan damai sesuai dengan harapan kita bersama” harapnya.

Diketahui, pelaksanaan pemilu 2024 ini berdasarkan pada UU Nomor 7 Tahun 2017, sama seperti pada saat 2019 dan ini yakin sekali akan berjalan sesuai harapan kita kalau kita semua ikut partisipasi terutama ormas-ormas khusus lagi mantan-mantan kepala desa yang sangat bermanfaat sekali karena dia mantan kepala Desa tahu persoalan-persoalan yang ada di desa itu.

Ajak semua pihak yang ada di desa kita yang ada hak pilih jangan terkontaminasi, jangan putus silaturahmi karena pemilihan, kuncinya kan karena pemilihan. Banyak yang pengaduannya politik banyak lagi pengaduannya kecurangan kecurangan bermacam-macam bentuk kecurangan inilah yang diatasi oleh Bawaslu.

Inilah perlunya kita membantu di desa masing-masing bagaimana fungsi pengawasan yang berjalan dengan baik dan agak ringannya dibuat kesadaran masyarakat diinformasikan oleh kita yang hadir di sini bahwa kita jangan membuat ribut dan perpecahan.

“Bawaslu sendiri saat ini sedang fokus untuk melakukan upaya pencegahan kepada masyarakat, khususnya kepada partai politik untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang” Tandasnya.

 

Laporan : Yogi/ BR

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya