Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) Kemensos, Bereilaturahmi ke PKJN-RSJMM

BOGOR, INFODESAKU – Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) yang berlokasi di Komplek Depsos, RT.002 RW.021, Margahayu, Kec. Bekasi Timur Kota Bekasi, Jawa Barat 17113, datang bersilaturahmi ke Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor yang beralamat di Jl.Dr.Sumeru No.114 Bogor 16111, dalam rangka Peningkatan Kapasitas SDM untuk Pemberian Pelayanan Kesehatan Jiwa terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau Penyandang Disabilitas Mental (PDM). Rabu (16/11/2022).

Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) yang memiliki petugas sekitar 240 orang, sekarang merupakan gabungan antara 3 balai yang berada di Bekasi Jawa Barat yaitu : Balai Rehabilitasi Sosial (BRS) Budhi Dharma yang menangani masalah sosial Lanjut Usia, Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Tan Miyat yang menangani masalah sosial disabilitas tuna netra dan Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi luhur yang menangani masalah sosial Gelandangan dan Pengemis (Gepeng).

Sub Koordinator Pengembangan Kepegawaian yaitu Arief Fahrozi, SKM., yang didampingi Nita Rosita, SE., sebagai Kepala Instalasi Diklit dan Moch Zaenal Muttaqin, SST, RD, mewakili Direksi PKJN-RSJMM, menyambut kedatangan ke-5 petugas sentra dengan ucapan selamat datang dengan yangat dan penyampaian profile dan pelayanan yang ada di PKJN-RSJMM melalui tayangan video.

Ns.Syarif Mustopa, S.Kep. dari Istalasi Rehabilitasi Psikososial (IRP), menyampaikan pemaparan terkait Program Rehabitasi Psikososial yang dijalankan untuk para rehabilitan yang masih ada dalam perawatan maupun rehabilitan yang sudah ada dilingkungan keluarga dan masyarakat melalui program Day Care, berupa kegiatan life skil, produktifitas, dll, yang dipungkas dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang aktif, karena peserta sangat penasaran dengan kegiatan yang dilakukan di PKJN-RSJMM.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., yang ditugaskan untuk mendampingi para tamu, membawa ke-5 petugas sentra untuk hospital tour dengan mengunjungi Instalasi Rehabikitasi Psikososial guna melihat para rehabilitan yang sedang dilatih produktifitas untuk menanam hidroponik, membuat donat, memanen telur asin, membuat gerabah, dll. Kunjunganpun dilanjutkan ke pasien gangguan jiwa berat yang berada di ruang PHCU Drupadi, pasien ganggusn jiwa stabil di ruang Arimbi dan pasien gangguan jiwa lansia di ruang Saraswati.

Kunjungan di pungkas dengan melihat-lihat area tampilan depan PKJN-RSJMM, yang diakhiri dengan mampir ke Kafe Kepompong, yang merupakan unit usaha rehabilitan yang bekerjasama dengan koperasi karyawan PKJN-RSJMM.

 

🖐Stop Pemasungan dan Penelantaran ODGJ.

🤝Manusiakan Manusia lebih Manusiawi.

💪Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : PKRS PKJN-RSJMM

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya