Bupati OKU Timur Secara Simbolis Serahkan Langsung Bantuan Dana Desa Tahun 2023

OKU TIMUR, INFODESAKU  – Dana Desa, merupakan dana yang bersumber dari APBN ditujukan untuk Desa, yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan dan pemberdayaan.

Hari ini bertempat di Balai Rakyat Setda OKU Timur, telah di adakan kegiatan Penyerahan Simbolis Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 , Penyerahan simbolis ini diserahkan langsung Bupati OKU timur, Ir. H. Lanosin. ST., Rabu (22/02/2022).

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur, Ir. H. Lanosin.ST., Mengajak semua elemen untuk terus berjuang, melangkah dan bekerja keras bersama untuk Kabupaten OKU Timur yang lebih baik.

” Saya harap Dana Desa dapat dikelola dengan benar oleh Desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban.” ujar Bupati

Enos Sapaan akrab Bupati OKU Timur juga mengajak kepada semua untuk selalu membangun koordinasi agar pelaksanaan program pembangunan yang telah dirancang dapat terlaksana dengan baik.

“Alasan kegiatan ini harus di launching karena ini adalah milik negara maka harus diumumkan agar masyarakat tahu bahwa OKU Timur yang terbaik karena pertama kali menyalurkan Dana Desa.” ungkap enos.

Enos melanjutkan dari jumlah Desa di OKU Timur, terdapat 30% posyandu yang tidak memiliki alat ukur dan alat timbang, untuk itu Kepala Desa segera mengatasinya agar kasus stunting bisa diminimalisir.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PMD, H. Rusman, S.E., M.M., Melaporkan Pagu Dana Desa OKU Timur Tahun 2023.

“Pagu Dana Desa OKU Timur Tahun 2023 Sebesar Rp. 256.846.091.000,- dibagi 305 desa definitif. Tahap 1 Dana Desa Non BLT telah disalurkan sebanyak 221 Desa sejumlah Rp.54.963.246.750,-.” ujarnya.

Ia juga mengatakan Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) telah proses salur untuk 221 desa sebesar Rp. 5.306.400.000,-,

“Sisa 84 Desa baik non BLT ataupun BLT masih proses penyampaian dari desa untuk segera dilaksanakan penyalurannya.” Pungkasnya.

Hadir dalam Kegiatan ini Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP., M.M., Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura Shafwat Saka, Forkopimda, Staf Ahli dan Staf Khusus, Kepala OPD, Kepala KPPN Baturaja, Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU Raya, Forum Camat dan Forum Kades.  (Imam / RY)

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA