Ketua TP PKK Kuningan Hadiri Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Desa Tinggar

KUNINGAN, INFODESAKU – Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama hadiri sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Tinggar, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Jumat ( 31/03/2023 ).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan, Kadis DPMD Kabupaten Kuningan, Kades Tinggar, Camat Kadugede, Ketua TP. PKK Kecamatan Kadugede, UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Kadugede, TP. PKK Desa Tinggar, beserta KWT Desa Tinggar.

Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting, dimana salah satu tujuannya adalah pemanfaatan lahan pekarangan terpadu untuk memenuhi gizi keluarga yang beragam dan seimbang.

” Usaha di pekarangan jika dikelola secara intensif sesuai dengan potensi pekarangan, dapat memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga, juga dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga,” ujar Ketua TP. PKK Kabupaten.

“ Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga, hanya saja pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal,” lanjutnya.

Pantauan di lapangan mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga, imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dengan pemberdayaan PKK untuk melakukan budidaya cabai dan sumber pangan lain pada pekarangan rumah, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta meningkatkan pendapatan yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga,” pungkasnya.

Sementara Camat Kadugede Maryanto M.Si mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan, baik di pedesaan maupun di perkotaan dengan memproduksi kebutuhan pangan oleh keluarga dan masyarakat.

” Pemanfaatan Pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan beranekaragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga,” pungkasnya.

 

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa