Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIE Putra Perdana Indonesia Gelar Seminar Ekonomi Kreatif

TANGERANG, INFODESAKU – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIE PUTRA PERDANA INDONESIA gelar seminar Ekonomi Kreatif dengan tema “Peran Pemuda Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Serta Tingginya Pengangguran di Kabupaten Tangerang”. Minggu, 02/07/2023.

Sejarah telah mengukir bahwa dalam setiap gerakan pembaharuan selalu di pelopori oleh para pemuda. Jika kita menilik sejarah, proklamasi kemerdekaan Indonesia dan reformasi yang sekarang terjadi di Indonesia di awali oleh para pemuda yaitu para mahasiswa dari semua elemen kampus yang ada. Hal ini terjadi karena karakteristik pemuda yang mempunyai idealisme tinggi, kemauan bekerja keras, dan cita-cita besar dalam memandang masa depannya.

Kampus sebagai institusi pencetak para intelektual diharapkan mampu mencetak lulusan pemuda yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi agar dapat mengurangi tingginya tingkat pengangguran. Peran seorang pemuda sangat penting untuk kemajuan negara, dan prestasi kemajuan negara ada ditangan remaja. Pemuda telah memainkan peran dan misi yang sangat berat sebelumnya dan perlu menciptakan dan mengikuti kebebasan, tetapi juga menjaganya. Sebagai organisasi eksekutif di tingkat sekolah tinggi.

BEM STIE PPI berkeinginan kuat untuk mengadakan serangkaian upaya untuk mencetak pemuda melalui program kerja yang dilakukannya. Memunculkan bibit-bibit pengusaha muda yang memiliki ide-ide kreatif di masa depan sehingga dapat menciptakan peluang kerja untuk menunjang perekonomian serta mengurangi jumlah pengangguran bangsa di masa depan. Ucap Abdul Aziz ketua BEM STIE PPI

Dalam Sambutan Pembuka Seminar ini Dr. H. Juanda Usman,SE., SH.,M.M (Ketua STIE PPI) mengharapkan keterampilan atau ilmu bisa di dapat dari bangku kuliah terutama hari ini pengalaman dan praktisi di acara seminar ini agar mahasiswa wajib memiliki wawasan, kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang tinggi agar siap terjun di masyarakat dan dunia kerja nanti dapat memgimenplikasikannya.

Seminar tersebut yang di ikuti oleh 100 orang mahasiswa kampus STIE PPI dan kampus-kampus di wilayah kabupaten Tangerang dengan dua narasumber:

1.Bpk agus Hasanudin .S.T Founder Yayasan Topi Bambu dan Pelaku Ekonomi Kreatif

2. bpk Drs Moch maesyal Rasyid.M.Si Sekretaris Daerah kabupaten Tangerang serta dimoderatori oleh Muhammad Alfiansyah Duta pemuda Anti narkoba kabupaten Tangerang, Ketua Kemenlu BEM STIE PPI. Dimana narasumber yang pertama memaparkan, Pemuda memiliki peran penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan menyikapi tingginya tingkat pengangguran di Kabupaten Tangerang. Peran pemuda dalam Pertumbuhan Ekonomi dan Mengatasi Pengangguran di Kab. Tangerang.

Kewirausahaan dan Inovasi: Pemuda dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan lapangan kerja dengan menjalankan usaha mereka sendiri. Mendorong pemuda untuk menjadi wirausaha dan mengembangkan inovasi baru akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tangerang.

Pendidikan dan Pelatihan: Pemuda dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan di Kabupaten Tangerang. Mereka dapat menjadi mentor atau relawan dalam program-program pendidikan untuk membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, terutama dalam bidang yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Ucap Agus Hasanudin .S.T

Pemateri ke 2 Sekda kabupaten Tangerang.

Dengan Penduduk yang sangat padat ditambah dengan Masyarakat yang setiap tahunnya datang begitu banyak untuk mencari Pekerjaan di kabupaten Tangerang ini juga menjadi Penyebab Banyaknya juga Pengangguran yang ada di kabupaten Tangerang dimana angka pengangguran di Kabupaten Tangerang tahun 2022 menurut data BPS sebanyak 155.000 orang. Angka tersebut menurun sebanyak 10.952 orang atau sebesar 7,88 persen dibandingkan dengan angka tahun 2021 yakni sebanyak 166.798 orang, “namun pihak pemerintah tidak diam, segala Upaya dilakukan untuk mengurangi pengangguran salah diantaranya, mendorong UMKM untuk bisa berkembang, program SIMBAMAS dan Membuka Balai latihan kerja (BLK) yang menghasilkan peserta didik yang siap pakai untuk bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. menumbuhkan ekonomi yang ada di Kabupaten Tangerang.

Ada beberapa peran strategis pemuda dalam pembangunan di Kab. Tangerang:

1.Inovasi dan Kreativitas: Pemuda dapat berkontribusi dengan ide-ide baru, teknologi, dan pendekatan kreatif untuk mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan.

2.Agent Perubahan Sosial: Pemuda dapat terlibat dalam kegiatan advokasi, kampanye, dan gerakan untuk mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan, ketimpangan, kejahatan, diskriminasi, dan isu-isu

lingkungan.

3.Penggerak Ekonomi: Pemuda yang terampil dan berpendidikan dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dengan membuka usaha baru, mengembangkan teknologi, atau berkontribusi

dalam sektor industri yang berbeda.

4.Pemimpin Masa Depan: Pemuda yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik dapat menginspirasi orang lain, mengambil keputusan yang bijaksana, dan mempengaruhi arah pembangunan secara positif.

5.Penjaga Demokrasi: Pemuda dapat mengampanyekan nilai-nilai demokrasi, mendorong transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi yang luas dalam pengambilan kebijakan Pemerintah Daerah.

6.Penjaga Warisan Budaya: Pemuda dapat terlibat dalam kegiatan seperti seni pertunjukan, festival budaya, dan kegiatan konservasi untuk meneruskan nilai-nilai budaya kepada generasi mendatang.

Saya harap Masyarakat dan pemuda juga Bisa mengambil peran dan membantu permasalahan ini untuk bisa membuka lapangan pekerjaan yang ada di kabupaten Tangerang.

Saya mengapresiasi kepada Pihak STIE PPI Yang mengadakan seminar ekonomi kreatif ini sebagai masukan dan semangat bagi pemerintah daerah agak bisa lebih semangat lagi mengurangi pengangguran di kabupaten Tangerang.” Ucap sekretaris daerah kabupaten Tangerang.

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Pelepasan Siswa – Siswi Kelas VI Dan Wisuda Tahfiz SD Qur’an Kalianda

Gencar Pendidikan Luar Ruangan, TK Kemala Bhayangkari Lamsel Siap Tambah Fasilitas Baru

SMPN 2 Kalianda, Juara 3 Lari 300 M Putra, Ajang Kejuaraan Daerah Atletik Lampung 2023