Pemerintah Desa Margabakti Adakan Sosialisasi Rembuk Stunting

KUNINGAN, INFODESAKU – Dalam rangka untuk memerangi stunting atau kasus gizi buruk ( gagal pertumbuhan) serta untuk memberikan pemahaman tentang Stunting, Pemerintah Desa Margabakti, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Rembuk Stunting Desa yang bertempat di Balai Desa Margabakti, Jumat (21/07/2023).

Acara ini dihadiri oleh Kades, Ketua BPD, Kasi Kesra Kecamatan Kadugede, Pendamping Desa, Bidan Desa, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia, serta Perangkat Desa.

Dalam Sambutannya Kades Margabakti Asep Sewi Batara menyampaikan,” Bahwa perlu komitmen dan aksi nyata dari semua pihak terkait, agar pencegahan stunting dapat berjalan maksimal, ” ujarnya.

Penyuluhan Rembuk Stunting desa memberikan pemahaman cara mengatasi kekurangan gizi balita kepada masyarakat, khususnya kepada para ibu hamil dan ibu yang memiliki anak usia balita dengan harapan nantinya anak yang lahir dalam kondisi sehat serta pertumbuhannya tidak terhambat atau gagal.

Kasi Kesra Kecamatan Kadugede, Iis Juaningsih S.E, mengatakan pentingnya menjaga pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih dalam rangka mencegah anak terlahir stunting atau kekurangan gizi ( terhambat pertumbuhannya).

“Untuk ibu-ibu hamil hendaknya selalu rutin memeriksakan kandungannya ke puskesmas atau bidan desa, sehingga kehamilannya dapat terpantau dan juga kepada bidan desa hendaknya lebih proaktif untuk memberikan pengertian terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan dan juga terkait kebutuhan gizi selama kehamilan dan kepada para balita,” ujar Kasi Kesra Kecamatan Kadugede.

Lanjutnya, karena saat balita merupakan masa pertumbuhan selain kesehatan dan gizi harus terjamin untuk pertumbuhan anak tersebut.

“Untuk menekan angka stunting khususnya di Desa Margabakti dan umumnya di Kabupaten Kuningan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sesuai dengan visi misi Kabupaten Kuningan Maju ( Makmur, Agamis dan Pinunjul ) tentunya harus didukung oleh semua pihak,” tutupnya.

 

 

Laporan: BUDI KNG

Related posts

Pemerintah Kecamatan Parungkuda Adakan Rapat Persiapan Perencanaan PHBN

Monev 10 Program PKK di Desa Cilebut Barat, Begini Kata Ketua TP-PKK Kabupaten

Bupati Sukabumi Sampaikan Pendapat Akhir Atas Dua Raperda