Pengepul Gula Merah Butuh Perhatian Pemkab Lampung

LAMSEL, INFODESAKU – Pembuatan gula merah secara tradisional dengan bahan baku air aren terus dipertahankan oleh para penderes (pembuat /red) dan pengepul di desa Tanjung Sari Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

Dengan berkembang nya zaman dan maju nya teknologi pengolahan gula merah yang berada di desa tetap mengandalkan olahan asli yang berasal dari bahan baku air nira atau biasa di sebut aren setelah terbentuk gula merah, penderes memberikan gula tersebut kepada pengepul.

Salah satu pengepul gula merah di desa Tanjung Sari adalaha Supardi (45) dengan berbekal pengalaman dalam pembuatan gula merah ia mengembangkan usaha nya sejak tahun 2009 .

Saat Infodesaku mendatangi rumah Agus, ia sedang sibuk mengepak gula merah  yang akan di kirim ke luar daerah. Rabu,(31/01).

Agus juga menceritakan pengalamannya, yang dulunya sebagai pembuat olahan gula merah, sampai kini bisa menjadi pengepul.

“Dulu saya membuat gula merah mas dengan memasak air aren, dan memamasaknya juga harus di atas tungku yang terbuat dari tanah liat dengan bahan bakar kayu, bukan menggunakan kompor modern. Selain itu saat memasak air aren juga harus diaduk-aduk sampai air aren mengental berwarna merah dan bisa dicetak dalam tuangan. Begitulah singkat nya mas dan sekarang saya ingin kembangkan usaha gula merah ini dengan menjadi pengepul atau agen lah mas , dengan berbekal ilmu membuat gula dan ada sedikit modal makanya saya ingin pertahankan usaha ini,” Ungkapnya.

Masih dalam ungkapannya, ia berharap kepada Pemerintah Pusat atau daerah untuk memberikan  bantuan kepada dirinya  berupa apa saja jenis bantuan tersebut walupun berbentuk pinjaman lunak karena usaha nya yang kini sudah mulai banyak di pesan oleh pemesan dari luar daerah ia merasakan kekurangan modal usahanya.

“Harapan saya, Pemerintah Pusat atau Daerah bisa memperhatikan dan membantu modal usaha saya mas. Alhamdulillah sekarang sudah ada pemesan dari luar daerah, tapi saya kekurangan modal , belum lagi saya harus menyewa kebun kelapa karena bahan dasar gula merah ini dari kelapa yang nantinya akan di kerjakan oleh penderes. Semakin bertambah pesanan, otomatis akan bertambah juga modal usaha saya,” Harapnya.

Laporan : Safarudin

 

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra