Kompak…!!! Muspika Cariu Bersihkan Irigasi Cikumpeni

BOGOR, INFODESAKU – Rutinitas Jumat bersih yang dilakukan oleh seluruh unsur Muspika Kecamatan Cariu bersama masyarakat setempat kali ini dilaksanakan dengan membersihkan aliran Irigasi Cikumpeni, Jumat (02/02/2018).

Diawali dengan apel di Lapangan Badak Putih, kegiatan Jumsih ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Dengan berbekal alat kebersihan seperti sapu hingga cangkul, kegiatan bersih-bersih dimulai dari lapangan Badak Putih Desa Cariu yang berbatasan dengan Desa Babakan Raden.

Dikatakan Danramil Cariu Kapten Inf. Slamet Royadi, dalam Jumsih kali ini lebih memfokuskan pada aliran irigasi Cikumpeni.

“Rumput liar dan sampah yang mengotori aliran Irigasi Cikompeni, kami bersihkan agar tisak menyumbat aliran air. Sehingga air bisa mengalir dengan lancar dan tidak ada penyumbatan yang menyebabkan banjir. Kegiatan Jumsih juga dilakukan di seluruh Desa-Desa seKecamatan Cariu secara bergiliran,” ujarnya singkat.

Ditempat yang sama Camat Cariu Didin Wahidin mengatakan, kegiatan Jumsih ini rutin dilaksanakan disetiap hari Jumat, seluruh kepala desa wajib mengerahkan warganya untuk melaksanakan bersih-bersih di desanya masing-masing, terutama aliran air, baik got maupun Irigasi dari tumpukan sampah.

“Sekarang musim hujan masih terjadi, maka kebersihan Irigasi dan got harus jadi prioritas. Jangan sampai terjadi tumpukan sampah yang menyebabkan sumbatan saat terjadi hujan yang berakibat banjir,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Babakan Raden H. Misja Wijaya menambahkan, Jumsih ini sengaja difokuskan di saluran Irigasi Cikumpeni, dikarenakan akhir-akhir ini hujan selalu mengguyur wilayah kecamatan Cariu dan sekitarnya.

“Tidak menutup kemungkinan di sepanjang saluran Irigasi banyak sampah-sampah dan rumput liar yang bisa menyumbat saluran irigasi tersebut, jika saluran irigasi tersumbat akan berdampak banjir yang akhirnya air akan meluap ke pemukiman warga dan pesawahan atau pertanian warga, maka dari itu kami beserta seluruh warga masyarakat khususnya masyarakat Babakan Raden dibantu oleh anggota TNI di Jumsih pagi ini difokuskan ke Saluran Irigasi Cikumpeni.” Ungkapnya.

“Semoga program jumsih yang secara bergiliran pelaksanaannya selalu diagendakan dan dijalankan oleh seluruh muapika dan masyarakat Babakan Raden. Ini semua untuk kelancaran, kebersihan dan kesehatan lingkungan kecamatan Cariu khususnya lingkungan Desa Babakan Raden,” pungkasnya menambahkan.

Laporan : ANDI F

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau