Puluhan Piagam Penghargaan, Bukti Kuatnya Kekompakan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kiarasari

BOGOR, INFODESAKU – Keberhasilan pemerintah Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor untuk terus memajukan desanya bukan hanya isapan jempol belaka.

Kekompakan aparatur desa dan dukungan masyarakatnya membuat desa yang notabene berada di wilayah pelosok ini mampu mencapai berbagai penghargaan, dari mulai penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Bogor maupun pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Desa Kiarasari Nurodin saat ditemui Infodesaku di salahsatu ruangan yang penuh dengan berbagai piagam penghargaan, menjelaskan, pemerintah desa menerapkan sistem yang terencana dan transparansi, serta melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Dimulai dengan perencanaan yang melibatkan semua unsur di desa baik dari kelembagaan yang ada, juga masyarakat yang secara langsung ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Untuk menjaring aspirasi, lanjut ia, dalam setiap kesempatan pertemuan dengan masyarakat, sering diberikan keleluasaan kepada masyarakatnya, seperti memanfaatkan pertemuan-pertemuan langsung dengan memberikan setiap orang yang hadir pada secarik kertas agar masing-masing dapat menyampaikan kritik, masukan dan ide-ide tanpa ada rasa takut untuk berbicara.

“Untuk bicara langsung kan orang pasti sulit atau tidak berani, nah kalau ditulis di kertas kan beda. Masyarakat bisa menyampaikan ide dan gagasan, bahkan kritik sekalipun, tentunya untuk memvangun desa yang lebih baik,” ungkapnya.

Masih kata Nurodin atau biasa akrab disapa Jaro Peloy memaparkan, dalam tahap pelaksanaan pembangunan, menurutnya masyarakat dilibatkan guna adanya pengawalan secara langsung dan meningkatkan peran swadaya masyarakat.

“keterlibatan masyarakat secara langsung sangatlah penting menurut saya, maka dari itu untuk pembangunan infrastruktur misalnya masyarakat juga kami libatkan sekaligus agar dapat mengawal penyaluran dana desa dan meningkatkan swadaya tentunya,” pungkasnya.

Laporan : KN/AA

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau