Dandim 0607 Kota Sukabumi Apresiasi Peran Aktif Babinsa

SUKABUMI, INFODESAKU – Komandan Kodim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Infantri Mahfud As’at S.IP, melakukan kunjungan kerja ke Markas Koramil 0712 Parungkuda, di Jalan Raya Siliwangi Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Selasa, (20/02).

Dalam kunjungannya, Dandim mengapresiasi kerja Koramil atas kerjanya menjadi satuan teritorial yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, dan berhadapan langsung dengan masyarakat dengan berbagai permasalahan yang harus diselesaikan. Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kerja babinsa, secara Komando Babinsa berada di bawah Rayon Militer, bagian dari Komando Distrik Militer dan Komando Resor Militer, yang menginduk pada Komando Daerah Militer,” ungkap Letkol Inf . Mahfud As’at S.IP kepada Infodesaku.

Seorang Bintara Pembina Desa memiliki wilayah operasi yang luasannya bervariasi, dari cuma satu desa hingga beberapa desa, sesuai dengan keperluan dan kondisi nyata setempat.

“Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas sangat penting untuk  menjaga pertahanan dan keamanan nasional, bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi demografi, kondisi sosial masyarakat yang berdampak pada pertahanan keamanan nasional,” ujar Mahfud.

“Babinsa juga merupakan orang pertama dan sebagai ujung tombak dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian, salah satu contoh saat terjadi bencana banjir, gempa bumi, penyelundupan, transaksi gelap atau kedatangan kapal asing di perairan Indonesia yang bisa mengancam keamanan.” Pumhkasnya menambahkan.

Laporan : BA

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove