Si Dogar Beraksi Difestival Budaya

GARUT, INFODESAKU– Raja Dogar yang merupakan salah satu kesenian khas dan sudah menjadikan ikon Garut, turut memeriyahkan pagelaran Festival Budaya Garut ke-16 yang diselengarakan di SOR Ciateul. Kamis, (23/02).

Si Dogar yang berbentuk domba Garut ini, bukan hanya mengharumkan nama Garut, akan tetapi mengharumkan Indonesia juga karena sering tampilan di luar negeri.

Menurut Idan salah seorang perintis kesenian Raja Dogar menjelaskan bahwa, kesenian ini berawal dari inginnya menampilkan ikon Garut yaitu Domba, maka lahirlah kesenian Dogar (Domba Garut) yang terbuat dari kertas atau kardus, ditambah bulu-bulu dibentuk sehingga menyerupai domba Garut.

“Dogar yang besar itu kostumnya mirip  barongsai, cuma bentuknya saperti domba Garut, satu kostum dipakai oleh dua orang, yang menjadi kepala dan ekornya,” jelasnya Idan.

Idan juga menambahkan peragaan yang disajikan si Dogar merupakan peragaan komedi yang juga diiringi dengan musik tradisional juga musik bebas lainnya, akan tetapi yang dominan adalah musik pencak silat.

“Dogar yang tampil pada invent ini merupakan gabungan dari paguyuban seni Dogar Malangbong sebagai asal mulanya lahir kesenian ini, Wanaraja, dan Garut Kota.”ujarnya.

“Saya berharap, agar kesenian Dogar yang merupakan kesenian khas ikon Garut, bisa membuat masyarakat sadar akan pentingnya melestarian kesenian dan budaya traditional khas Garut, supaya lestari dan menjadi daya tarik wisata untuk datang ke Garut dan lebih dikenal serta diakui dunia.” Pungkasnya menambahkan

Laporan : BHEGIN

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu