Bupati Bentuk Forum Gabungan Perangkat Daerah

SUKABUMI, INFODESAKU – Dalam aturan Perundang-undangan, setiap tahunnya diwajibkan bagi Pemerintah Daerah untuk menyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Dimana dalam penyusunannya memerlukan beberapa proses dan tahapan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi membentuk Forum Gabungan Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Sukabumi tahun 2019, yang bertempat di Aula Bale Pangripta BAPPEDA Kabupaten Sukabumi. Kamis, (22/02).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami didampingi oleh Wakil Bupati, H. Adjo Sardjono beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, bahwa dalam rangka menumbuh kembangkan produktivitas setiap wilayah dan menjawab kebutuhan masyarakat, maka forum gabungan Perangkat Daerah harus terciptanya komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi antara kebutuhan pembangunan setiap wilayah beserta masyarakatnya.

“Untuk mewujudkan fokus pembanguan dalam RKPD Tahun 2019, kita dituntut untuk mampu membuat perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat, rasional, tepat sasaran, efisien dan berdampak langsung pada tumbuh kembang produktivitas setiap wilayah dan kesejahteraan masyarakat, ” terangnya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa fokus pembangunan RKPD tahun 2019 atau tahun ketiga RPJMD 2016-2021 adalah pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tahapan visi-misi Kabupaten Sukabumi yakni terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius dan Mandiri.

“Tahapan pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing pada 2019 menjadi sangat strategis karena diharapkan akan menjadi landasan yang kuat bagi fokus pembangunan berikutnya dalam RKPD tahun 2020 yakni pembangunan ekonomi berbasis kawasan, ” beber Bupati.

Sementara itu, Ir. Teja Sumirat selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menyelaraskan persepsi dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Sukabumi tahun 2019.

“Tujuan dibentuknya Forum Gabungan Perangkat Daerah ini untuk menyelaraskan, mengsinkronkan dan memperoleh kesepakatan dari masyarakat, pemangku kepentingan dan Perangkat Daerah terkait program kegiatan prioritas pembangunan daerah dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Sukabumi tahun 2019. ” pungkasnya.

Laporan : BA/ Hs

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan