Silat Bambu Runcing Dari Selaawi Catat Rekor Dunia

GARUT, INFODESAKU – Dalam rangka memperingati hari jadi Garut yang ke-205, ratusan pendekar cilik pencak silat dari Kecamatan Selaawi menggelar atraksi Silat Bambu Runcing dan memecahkan record dunia baru yang tercatat dalam Record Holders Republic, di Sarana Olahraga (SOR) Ciateul. Sabtu, (25/02).

Rampak Silat Bambu Runcing diikuti oleh 630 anak dari 29 paguron dibawah kordinator sekaligus penggagas, Utang Hermawan, yang juga sebagai Ketua DPC PPSI Selaawi.

Turut hadir dalam acara tersebut, PJS Bupati Garut, BUDI Gan Gan (Kadisbudpar), Ridwan Efendi (Camat Selaawi), Sekjen PPSI Jawa Barat, serta Ketua PPSI Kabupaten Garut.

Setelah selesai atraksi, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan piagam oleh perwakilan dari Indonesia Vice President of RHR, Lia Mutisari. Dalam sambutannya Lia sangat mengapresiasi keelokan budaya lokal Kabupaten Garut.

“Kami harap kegiatan ini dapat membuat masyarakat lebih mencintai budaya lokal juga melestarikannya, dan Garut juga dapat melahirkan prestasi lainnya yang diakui dunia,” tutur Lia.

Sementara Ridwan Efendi selaku Camat Selaawi menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam memperkuat komponen Paguron  dan mempersatukan diri dalam kebersamaan.

“Hal ini merupakan bentuk upaya kami Pemerintah Kecamatan dan masyarakat untuk memajukan budaya dan melestarikannya, ini merupakan rekor yang ketiga setelah rekor Sangkar Burung terbesar dan tertinggi, semua rekor itu merupakan potensi yang ada di wilayah kami. ” pungkasnya.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu