Bupati Lamsel Himbau Kades Gunakan ADD/DD Sesuai Juklak dan Juknis

LAMSEL, INFODESAKU – Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum memberikan arahan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Lampung Selatan saat briefing dengan jajaran Pemerintah Daerah di Aula Kantor Bupati. Selasa, (06/03).

Bupati dalam Briefing tersebut didampingi oleh Suprianto sebagai Asisten Bidang Pemerintahan Suprianto, Setiawansyah sebagai dan Joko Sapta sebagai Inspektur, Membahas tentang implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dana Desa) dengan tujuan agar para Kepala Desa dalam melakukan tugas di lapangan itu sesuai dengan aturan yang ada dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Dalam arahannya juga, Bupati Zainudin Hasan dengan tegas memberikan peringatan keras bagi seluruh Kepala Desa agar menggunakan ADD dan DD sesuai dengan juklak dan juknis.

“Saya minta Kepala Desa jangan main-main dalam melaksanakan pembangunan di desa, harus sesuai ketentuan. Akan saya datangkan tim saber dan Polres bagi Kepala Desa yang masih bandel,” tegasnya.

Terkait beras Rastra, dirinya pun menyinggung terkait program Pangan dari Dinas Sosial yaitu Beras
sejahtera (Rastra) meminta kepada para Kepala Desa agar tidak memungut Rastra.

“Saya minta agar tidak ada lagi pungutan biaya Rastra, Dan tidak ada alasan apapun, kalaupun ada dana yang di keluarkan dalam pendistribusian Rastra, solusinya sudah jelas gunakan dari ADD, Silahkan saudara anggarkan,” tuturnya.

Masih dalam arahannya, soal perekaman e-KTP,  Bupati berharap Kades untuk hadir ditempat lokasi perekaman.

“Saya minta Camat dan Kades hadir di lokasi perekaman e-KTP, Dan jangan ada yang memungut,” pintanya.

Masih kata Bupati, Ia menambahkan terkait penerbitan IMB gratis bagi rumah yang sudah berdiri, Dan bagi yang baru berdiri tetap dikenakan biaya. Iapun menegaskan kepada Camat untuk dapat mengawasi bangunan yang baru berdiri agar tidak melanggar Rencana Tata Ruang Wilayah.

“Izin Mendirikan Bangunan(IMB) juga gratis, Tetapi untuk bangunan rumah yang sudah berdiri, Bukan yang akan membangun. Akan tetapi bagi yang sudah berdiri kita berikan pemutihan secara gratis.” pungkasnya.

Laporan : ST / Safarudin

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional