Awasi dan Laporkan, Jadilah Pemilih yang Cerdas

BOGOR, INFODESAKU – Digelar di Aula Kecamatan Nanggung, sosialisasi pengawasan partisipasif masyarakat dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati berjalan lancar.

Acara yang digelar pada Sabtu (10/03/2018) sekitar pukul 08.30 WIB ini diikuti puluhan peserta dari berbagai elemen masyarakat dan dihadiri Komisioner Panwaslu Kabupaten Bogor.

Ketua Panwascam Nanggung, Suheri berharap, para pelajar dapat lebih cerdas dalam memilih, juga para peserta tidak merasa sungkan kepada Panwas terkait penemuan indikasi-indikasi pelanggaran pemilu diwilayahmya.

“Ketika ada hal-hal yang akan dilaporkan dalam pengawasan ini, laporkan kepada kami. Dengan begitu akan terjalin sinergi, sehingga mudah-mudahan di kecamatan nanggung ini nanti di akhir pilkada ini terlaksana dengan lancar.

Masih kata Heri, melalui kegiatan ini, para peserta akan tau tata cara pelaporan dan untuk memudahkan pelaporan di desa ada pengawas yaitu PPL.

“Semoga wawasan mereka bertambah, mereka tambah berani, ketika ada hal-hal yang sifatnya pelanggaran pemilu dan mereka bisa melaporkan tanpa dengan sungkan melaporkan ke kita,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Sekjen PK KNPI Kecamatan Nanggung Muti Firdaos mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Panwascam Nanggung tersebut. Menurutnya, tentunya kegiatan tersebut sangat baik sekali sehingga bagaimana masyarakat berperan aktif untuk mengawasi pemilu ini.

“Kedepannya harapan saya, mudah-mudahan masyarakat lebih peka lagi ketika ada penemuan atau indikasi pelanggaran dilapangan dan segera dilaporkan ke Panwascam atau PPL setempat,” ungkapnya.

Untuk ikut berperan serta dalam Suksesnya psmilu, lanjut Firdaos, PK KNPI di Kecamatan Nanggung mengajak teman-teman di kepemudaan untuk berperan membantu agar demokrasi ini bisa benar-benar berjalan dengan baik.

“Kami berharap kepada masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas, Artinya bagaimana sosok Paslon, kita harus benar-benar tau liat visi Misi dan Jangan tergiur dengan uang, nasib 5 tahun kedepan ada ditangan pilihan mereka,” ungkapnya.

Hal senada Dikatakan Anisa Fitria kelas XI SMAN 1 Nanggung, menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu begi pemilih pemula, sehingga jadi tahu bagaimana caranya memilih dan siapa yang harus di pilih.

“Seperti Anis kan baru mau milih sekarang, setelah kita dikasih tau di kegiatan ini, jadi kita bisa lebih tau buat selanjutnya gitu buat pemilihan nanti dan tau pengawasannya seperti apa,” ungkapnya.

Seperti dalam hal pelanggaran, Lanjut Anis, pemasangan spanduk yang tidak pada tempatnya, money politics dan lainnya.

“Kalau misalkan lagi memilih di TPS trus ada yang diwakilkan, kalau nanti kita mengetahui itu jita akan segera melaporkan. Karena kita sudah mempunyai hak, sudah memenuhi syarat,” terangnya.

“Semoga pemilu ini lancar dan semoga di kecamatan nanggung ini semua pemilih-pemilihnya memilih dengan hati nurani mereka masing-masing. Dan semoga apa yang diharapkan oleh penyelanggara itu berjalan dengan lancar,” tandasnya menambahkan.

Laporan : KN/IES

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional