Bupati Dan Kapolres Sukabumi Tandatangani Penanganan Dana Desa

SUKABUMI, INFODESAKU – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar Forum Silaturahmi Bupati Sukabumi dan Kepala Desa yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI), di Aula Sekertariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Jum’at, (23/03/2018).

Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk menampung informasi dan harapan para Perangkat Desa dalam menjalankan Roda Pemerintahan di wilayah desa masing masing.

Ketua APDESI Kabupaten Sukabumi, H. Andi Mulyasana Menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan tugasnya para Kepala Desa selain dihadapkan pada beban tugas dan tanggung jawab juga dihadapkan dengan beberapa permasalahan dan kendala yang sering dihadapi seperti maraknya oknum yang melakukan pemerasan terhadap Kepala Desa berkait pengelolaan anggaran Dana Desa.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Sukabumi dapat mengkaji ulang terhadap peningkatan kesejahtraan para Perangkat Desa serta memberika perlindungan hukum bagi Kepala Desa dan parangkatnya dalam menjalankan tugas selama kegiatan yang dilakukan tidak keluar dari koridor hukum,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi menyampaikan, bahwa Perangkat Desa merupakan bagian dari masyarakat yang harus dilindungi diayomi dan dilayani, berkaitan dengan pengelolaan anggaran Desa Kapolres menghimbau para Kepala Desa untuk mengelola anggaran Negara dengan sebaik baiknya.

“Uang Negara harus di kelola dengan baik, pengelolaannya tergantung kades yang mempunyai tugas untuk menggelola uang tersebut, Siapapun juga yang mengganggu kegiatan Kepala Desa diwilayahnya dan dapat mempengaruhi Kepala Desa berhenti kerjanya silahkan melapor,” tegasnya.

Kapolres pun mengintruksikan kepada jajarannya (Babinkantibmas) untuk menjadikan protektor bagi Kades dalam menjalankan tugasnya

Ditempat yang sama Bupati Sukabumi H. Marwan Hamani membuka seluas luasnya ruang untuk Kepala Desa untuk melakukan komunikasi dengan jajaran Pemerintah Daerah melalui Rapat Dinas bulanan serta kegiatan keagamaan yang dilaksanakan (lailatul ijtima) secara rutin.

“Hal tersebut dimungkinkan untuk Kepala Desa berbagi informasi dan evaluasi dalam menjalankan roda Pemerintahan dalam melaksanakan pembangunan.Berkait peningkatan kesejahtraan perangkat Desa, Bupati meminta para Kepala Desa dan jajaran Perangkat Daerah melakukan penelaahan,” ujarnya.

Lanjutnya, Bupati meminta Sekda dan Perangkat Daerah untuk mencari formula terbaik dimana formula tersebut tidak mengganggu program yang sudah direncanakan melalui Musrenbang.

“Saya meminta Kepala Desa untuk tetap menjalankan Anggaran Dana Desa (ADD) sesuai prosedur yang telah di tetapkan,karena saya meyakini semua persoalan dapat diatasi bersama dengan melakukan komunikasi dan musyarah bersama.” Pungkasnya.

Diakhir kegiatan Bupati Sukabumi bersama Kapolres Sukabumi menandatangani Kesepakatan Bersama antara Kepolisian Resort Sukabumi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tentang Penanganan permasalahan Dana Desa diwilayah hukum kepolisian Resort Sukabumi.

Laporan : BA

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023