Danramil 0710 Nagrak Bersama Kapolsek Nagrak Pimpin Kegiatan Jumsih

SUKABUMI, INFODESAKU – Kegiatan Jum’at Bersih (Jumsih) yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Nagrak, kabupaten Sukabumi, merupakan agenda rutin  dalam melaksanakan karya bakti dengan membersikan sampah di  sepanjang jalan protokol Kecamatan Nagrak, kegiatan ini di mulai sejak  pagi tadi pukul 7.30 wib. Jum’at, (23/03).

Kegiatan tersebut melibatkan Muspika, Koramil 0710 Nagrak, Polsek Nagrak, Staf Kecamatan Nagrak, Prangkat Desa Nagrak Selatan dan Ibu-ibu PKK, Linmas, serta Masyarakat yang berada di sepanjang jalan protokol tersebut.

Kapten Infantri Sugito selaku Danramil 0710 Nagrak menyampaikan kepada infodesaku, bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat jangan membuang Sampah sembarangan seperti halnya ke sungai-sungai, tikungan-tikungan jalan Nagrak.

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap kepada masyarakat agar tidak membuang sampah Karena dampaknya akan mencemari sungai itu sendiri sampah yang berserakan di jalanan akan terbawa air hingga ke sungai yang akhirnya bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, sayangi generasi kita untuk masa depan dengan akan sadar diri untuk tidak melajukan dengan cara membuang Sampah Sembarangan karena kebersihan itu sebagian dari pada iman,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Aris selaku Sekretaris Desa Nagrak selatan menjelaskan, Desa Nagrak Selatan merupakan jantung Kota Kecamatan Nagrak yang berkeinginan menjadi salah satu contoh bagi desa-desa lain dalam menciptakan kebersihan.

“Semoga dengan adanya Jumsih ini memberikan dampak positif, karena wilayah kita ini adalah jantung kota Kecamatan semoga masyarakat dapat  tergerak minimal di jalur protokol Nagrak di wilayahnya masing-masing seperti di depan rumah, depan toko untuk bisa menjaga kebersihan, serta setiap Rt dan Rw sudah terbiasa dengan jumsih sesuai intruksi dari Kepala Desa Nagrak Selatan terkait 3 poin terhadap warganya, diantaranya Siskamling, Jumsih dan Infak Sodakoh. Hari ini melalui jumsih mudah-mudahan akan sadar untuk kebersihan bukan paksaan tetapi menjadi kesadaran sendri untuk melaksanakan jumsih ini,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Kapolsek Nagrak, AKP Parlan, ketika kami menemukan warga membuang sampah sembarangan ke jalan atau di tikungan-tikungan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab maka akan kami tindak tegas.

“Apabila kedapatan warga yang membuang sampah sembarangan akan kita tindak tegas karena  kegiatan rutin ini dan bisa menjadi contoh agar tidak membuang sampah sembarangan karna banyak  masyarakat di sinyalir tidak mau tau tidak mau ngerti dan tidak sadar diri salah satu contohnya di jalur jelegong (Jalan Alternatif) Cibadak Sukabumi beberakali kita bersihkan masih saja ada orang yang membuang sampah di jalan bahkan di buatkan papan pengumuman hingga spanduk- sepanduk berupa himbauan agar tidak membuang sampah sembarangan,” Ungkapnya.

Lebih lanjut, masih kata Parlan, untuk kedapannya harus ada tindakan hukumnya kalau ada yang ke tangkap maka akan di tindak melalui pidana ringan dan denda serta kurungan itu rencana saya karena di kasih perhatian atau warningnya sudah hampir satu tahun tidak ada responnya dari masyarakat.

“Mungkin untuk kedepannya akan ada tindakan tegas untuk memberikan rasa efek jera karena sudah kita peringati tetapi tidak di gubris, mungkin orang yang sambil lewat pake kendaraan roda dua itu lah yang harus di kasih pembelajaran makannya saya selalu menyampaikan kepada kepala Desa untuk di sampaikan terhadap warganya agar jangan buang sampah sembarangan.” Pungkasnya.

Laporan : DEVI

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling