Komoditi Cengkeh Jadi Unggulan Dua Desa di Kecamatan Rajabasa

LAMSEL, INFODESAKU – Dinas TPH dan Perkebunan Lampung Selatan mengadakan sosialisasi penanaman cengkeh dan Kelapa puan kepada  seluruh Kelompok Tani yang berada di Desa Tanjung Gading, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Di hadiri Kades Tanjung Gading beserta aparaturnya, PL Pertanian dan 3 Kelompok Tani. Jum’at, (23/3).

Menurut Ali Nurdin selaku Kades Tanjung Gading menjelaskan, peserta akan diberikan sosialisasi penanaman benih bibit cengkeh dan kelapa puan.

“Terimakasih kepada petugas dari Dinas yang sudah datang untuk memberikan arahan kepada warga kami terutama kepada Kelompok Tani,” terangnya.

Sementara itu, Zulvina Ratnasari selaku Kabid Perkebunan mengatakan, bahwa sosialisasi juga merealisasikan permintaan Kelompok Tani berupa bibit cengkeh dan kelapa kopyor.

“Kedatangan kita ke Desa ini ialah untuk merealisasikan permintaan Kelompok Tani yaitu 1.680 batang pohon cengkeh dan 200 batang pohon kelapa puan, sebelum dibagikan kami akan sosialisasikan cara penanamannya,” tutur Zulvina.

Lanjutnya, Dirinya menjelaskan kepada peserta,  bahwa sumber benih unggul cengkeh terbaik dari seluruh Indonesia berada di Desa Tanjung Gading dan Desa Betung, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

“Sumber benih unggul cengkeh berada di Desa Tanjung Gading dan Desa Betung, Sementara untuk benih kelapa puan unggul itu di Desa Agom Kecamatan  Kalianda,” paparnya.

Ditempat terpisah, Ali Nurdi selaku Kepala Desa seusai acara mengatakan, kita sudah di beritahukan oleh Dinas TPH dan Perkebunan bahwa benih unggul bibit cengkeh terbaik berada di desanya.

“Sangat bersyukur sekali dan Saya berharap kepada Pemerintah, seyogyanya agar memperhatikan harga dari kedua jenis tanaman tersebut.” pungkasnya penuh harap.

Laporan : SAFARUDIN/TAUFIK

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata