Puskesmas Parungkuda Gelar Workshop Penggalangan Komitmen Menuju Akreditasi

SUKABUMI, INFODESAKU – Dalam rangka upaya meningkatkan kualitas mutu pelayanan terhadap masyarakat, yang mana akreditasi ini harus menempuh beberapa tahapan berdasarkan dari program Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan sesuai keputusan dari Kemenkes.

Puskesmas Parung kuda melaksanakan kegiatan berupa Wokrshop Penggalangan Komitmen di gedung aula Puskesmas Parungkuda, Jalan Raya Siliwangi, Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Camat Parungkuda Drs.Aep Saepuloh secara meresmikan acara Workshop dalam Akreditasi kelayakan pelayanan terhadap masyarakat. Rabu, (28/03/2018).

Pendamping akreditasi Kabupaten Sukabumi, Imas menyampaikan, bahwa dirinya yang sudah di tugaskan di Puskesmas Parungkuda dalam kegiatan ini untuk melakukan Wokshop penggalangan komitmen dari lintas sektor dengan lintas program kita itu adalah rangkaian dari persiapan akreditasi di tahun 2018.

“Sebelumnya kami sudah mengadakan workshop di tingkat Kabupaten, hari ini kami sedang ada melakukan penggalangan komitmen yang kemudian kedepanya munkin sekitar 6 sampai dengan 8 bulan mereka disini pada bulan november harus melaksankan persiapan, jadi kami akan mendampingi setiap bulannya, tetapi harus melalui tahapan-tahapan dari mulai dari workshop yang sudah dan penggalangan kominten nanti kami akan langsung ke sive asesmen,” paparnya.

Lebih lanjut, mereka harus melakukan penilaian terhadap diri sendiri dulu yang kemudian akan ada penilaian dari kami setelah itu kami akan melakukan penyusunan dokumen ke implementasi sampai nanti ada pengajuan pra survei.

“Harus ada penilaian terhadap diri sendiri agar ada pengajuan kami kepada kementrian kesehatan melalui dinas kesehatan provinsi sampai nanti pada akhirnya akan ada survai oleh tim independet dari kementrian kesehatan ya itu tim eksekutif sebanyak 3 orang, yamana untuk melakukan survai tanggal kedatangan tim tersebut akan di tentukan oleh pihak tim dari kementrian,” terang Imas.

Masih kata imas, ia menambahkan, untuk mencapai akreditasi salah satunya harus bisa miningkatkan akses pelayanan yang merata,dari mulai Rt, Rw, Kepala Desa, Polsek, Koramil dan lain-lain harus bisa bersinergi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Harus ada kekompakan antar semua pihak lalu di puskesmas itu ada apa saja dari tujuan akreditas ini salah satunya upaya meningkatkan mutu dan kwanlitas kinerja Puskesmas,” ujarnya.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Parungkuda, Dr. Nina Kurniasih menyampaikan, Ia berharap dengan melalui adanya penggalangan komitmen ini ada dukungan dari semua lintas sektor.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, mendapat dukungan dari lintas sektor dalam peningkatan mutu dan pelayanan di Puskesmas Parungkuda akan lebih baik lagi dalam menuju Akreditas tahun ini.” Pungkasnya singakat.

Laporan : DEVI/BA

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional