Pasca Longsor, TNI Bersama PPBB Laksanakan Penanaman Seribu Pohon

BOGOR, INFODESAKU – Anggota TNI, Koramil 2123/Cijeruk, Kodim 0621/Kabupaten Bogor bersama Paguyuban Pasundan Bogor Bersatu (PPBB) serta Warga setempat mulai melakukan persiapan penanaman seribu pohon.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi pasca terjadinya longsor yang menimpa warga Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor beberapa bulan kemarin. Jum’at (06/04).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Danramil 2123/Cijeruk Mayor Inf. Suparno, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, mengingat sering terjadinya beberapa bencana seperti banjir dan longsor yang diakibatkan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan. pentingnya seluruh elemen masyarakat untuk mencurahkan perhatian terhadap kelestarian lingkungan sebagai tanggung jawab bersama.

Danramil 2123/Cijeruk Mayor Inf. Suparno mengatakan, untuk kegiatan penanaman pohon ini telah dipilih bibit tanaman yang mempunyai manfaat dalam kurun waktu jangka panjang karna Lambannya pertumbuhan sebatang pohon menjadi satu urgensi pentingnya membudayakan penanaman, dan pemerliharan pohon dalam kehidupan masyarakat.

“Dalam kegiatan ini tampak jelas sinergitas antara TNI, PPBB dan juga Warga sehingga diharapkan untuk kedepannya-pun kesadaran akan pentingnya penghijauan bisa tertanam dalam setiap Warga,” tegasnya.

Masih kata Suparno, ia menambahkan, persiapan penanaman seribu pohon kita akan menanam rumput Vetiver dan bibit Maniih, dengan kegiatan ini saya berharap kesadaran dari masyarakat agar ramah lingkungan.

“Ini adalah salah program persiapan penanaman seribu pohon dan akan menanam dengan jenis rumput vetiver dan bibit maniih saya berharap semoga adanya kesadaran pada masyarakat agar menciptakan ramah lingkungan serta untuk kebersihan juga karena dalam waktu dekat ini akan ada kunjungan dari Presiden untuk meninjau lokasi bekas longsor,” ungkapnya.

Sementara itu, masih dilokasi yang sama, Penasehat PPBB yang sekaligus sebagai perwakilan dari SLW Agus Irwansyah menegaskan, bahwa paguyuban kita selalu siap dalam setiap acara Bakti Alam kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak TNI.

“Paguyuban kita selalu siap untuk kegiatan bakti alam dan kita pun selalu berkoordinasi dengan pihak TNI sehingga dalam setiap kegiatan kita minta untuk dilibatkan, tujuannya tak lain adalah untuk menjaga kelestariaan alam dan meminimalisir adanya bencana yang sering terjadi terutama di wilayah Jawa Barat ini.” Pungkasnya Tegas.

Laporan : ILHAM/R.RIYAN/FAUZI

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling