BUMDes Cigawir Mendorong Perekonomian Desa

GARUT, INFODESAKU– Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat berguna mempercepat pertumbuhan ekonomi pedesaan sebagai amanat Undang- undang Desa, karena itu Pemerintah Desa Cigawir Kecamatan Selaawi pada tahun 2016 mendirikan BUMDes Kondang Mandiri.

Sebagai mana diungkapkan Kepala Desa, Lili Awan Inrawan S.P. menurutnya, pendirian BUMDes dipilih sebagai suatu alternatif guna mengembangkan roda perekonomian di desa.

“Karena itu pengembangan desa memerlukan kreatifitas dan inovasi serta kerjasama dalam mengelola BUMDes,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes, Reza Muhamad Qalbi menjelaskan, beberapa hal yang harus dilakukan dalam penataan perekonomian desa melalui BUMDes meliputu penguatan kapasitas masyarakat untuk turut mengawasi berjalannya usaha dari BUMDes ini.

“BUMDes membutuhkan organisasi yang mandiri,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Desa, Dedi Hidayat menjelaskan, pendirian BUMDes ini diatur dalam Pelaturan Desa (Perdes) no. 3 tahun 2016 mulai berdiri dan beroprasi pada 3/11/2016 dengan kucuran dana Rp. 150.000.000,- dengan rincian untuk banguban Rp. 74.000.000,- dan modal awal Rp. 86.000.000,- dengan usaha foto copy, pengadaan ATK dan warung jajanan.

“Tahun 2018 ada penguatan modal Rp. 30.000.000,- untuk D. O pupuk, mengingat mayoritas penduduk bermatapencaharian disektor pertanian,” jelasnya.

Sementara itu, Leni (20th) selaku salah satu masyarakat yang bisa merasakan mamfaatnya oleh Keberadan BUMdes tersebut mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur bisa bekerja di BUMDes selain bisa turut serta dalam membangun ekonomi desa dirinya jadi tidak menganggur dan punya pendapatan untuk biyaya hidup sehari- hari.

“Sangat bersyukur bisa bekerja di BUMDes ini jadi satu kebanggaan karena bisa terlibat langsung dalam membangun ekonomi desa. Pendapatan rata- rata perharinya BUMDes sekitar Rp. 200.000,- bahkan bisa lebih jika sedang rame atau ada acara baik itu di desa maupun di sekolah.” pungkasnya.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional