IPSM Kabupaten Bogor Mengadakan Kegiatan Pelatihan Calon Guru Qur’an Braille

BOGOR, INFODESAKU – PSM Kabupaten Bogor dan al-Qur’an braille adalah babak baru kegiatan sosial yang dilakukan oleh para relawan yang di pimpin oleh Dian Firmansyah. IPSM Kabupaten bogor mengadakan kegiatan Pelatihan Calon Guru Qur’an Braille dimana Tenaga Ahlinya, terutama di Kabupaten Bogor sangat minim sekali.

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang selalu membawa kemuliaan bagi individu yang mendalaminya. IPSM Kab. Bogor menyadari betul bahwa siapapun yang memuliakan al-Qur’an akan dimuliakan oleh Allah sang Khalik.

Kaitan dengan IPSM Kab. Bogor yang sejak tanggal 4 April 2018 melakukan kegiatan TOT Qur’an Braille untuk penyandang Tuna Netra, IPSM Kab. Bogor memandang kegiatan ini akan berdampak sistemik bagi Penyandang disabilitas terutama kelompok Tuna Netra yang ada di Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini diselenggarakan tidak Ideal sebagaimana konsep kegiatan yang telah di buat dalam bentuk proposal kegiatan. Dalam Proposal kegiatan penyelenggaraan Training of Trainer Qur’an Braille untuk penyandang Tuna Netra, dilaksanakan mulai tanggal 4 April 2018 sampai 14 Mei 2018. Sedianya kegiatan ini diselenggarakan di pusat pelatihan, konsumsi padat gizi, tempat tidur yang nyaman dan fasilitas laundry yang bersih dan profesional. Namun pada hari H pelaksanaan, keadaan tidak memungkinkan untuk melayani peserta pelatihan dengan fasilitas sebagaimana yang di harapkan.

Keadaan yang tidak Ideal ini tidak menyurutkan Tekad IPSM kabupaten Bogor sebagai Pelaksana kegiatan dan Saku Amanah PMKS, badan otonom IPSM sebagai penyelenggara kegiatan untuk terus menyempurnakan kegiatan selama 40 hari 40 malam secara terus menerus.

Kegiatan ini dilaksanakan secara penuh, 40 hari 40 malam dengan tujuan akhir untuk menghasilkan Guru Qur’an Braille sehingga setelah selesai acara ini, kader kader guru yang di fasilitasi oleh IPSM Kab. Bogor akan mendidik saudara-saudaranya yang lain untuk belajan al-Qur’an yang mulia. Target akhirnya adalah terberantasnya buta huruf al-Qur’an Braille di Kabupaten Bogor.

Dalam satu kesempatan, sekretaris umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Bogor pun mengadang-gadang akan menjadikan hasil peserta pelatihan yang dilakukan oleh IPSM kabupaten Bogor akan menjadi aset utama dan unggulan untuk berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Sampai berita ini di rilis, kondisi keuangan untuk kegiatan ini Insyaallah masih akan menutupi untuk kebutuhan makan dan minum peserta sampai hari ke 20. Adapun akomodasi peserta, makan minum hari ke 30-40 masih akan terus di galang oleh team Saku Amanah PMKS sebagai Lembaga Fundraising internal IPSM Kab. Bogor.

Dukungan bagi peserta dari kelompok tuna netra ini datang dari berbagai pihak, baik individu maupun lembaga pendidikan yang peduli terhadap para penyandang tuna netra. Melalui release media ini, kami mengajak para dermawan dan hartawan untuk sama sama memuliakan al-Qur’an dengan mendukung kegiatan Pelatihan guru Qur’an braille bagi penyandang Tuna Netra dengan cara mendonasikan sebagian harta yang dimiliki melalui rekening Saku Amanah PMKS bank Jabar Banten no. Rek. 0081590389100 atau bisa datang langsung ke sekretariat IPSM Kab. Bogor Jl. KSR Dadi Kusmayadi Gang. PMI Telp. 021- 83710262 Kel. Tengah Kec. Cibinong Kab. Bogor.

Laporan : YAS

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya