Desa Sukamanah Jadi Desa Kunjungan Favorit Wilayah Timur Indonesia

BOGOR, INFODESAKU – Bukan rahasia umum lagi, jika Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, seringkali menjadi salah satu Desa Kunjungan dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan Mancanegara.

Dalam minggu ini saja, sedikitnya tiga (3) Provinsi yang berkunjung ke Desa Sukamanah tersebut, dan rata-rata kehadiran pengunjung berasal dari wilayah timur dari Kepulauan Indonesia.

Seperti contoh pada Selasa (24/4) lalu, Pemerintah Desa Sukamanah menerima kunjungan kurang lebih 50 orang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara serta BPD hadir dan berkunjung untuk mendapatkan ilmu terkait Tata Kelola Pemerintahan Desa dan juga BUMDes Sukamanah yang sudah terkenal ke Manca Negara.

“Banyak wawasan dan ilmu yang di dapat dari kunjungan kami yang pertama kali ke Desa Sukamanah ini dalam hal tata kelola Pemerintahan dan pembangunan desa. Tentu ini bermanfaat untuk kami dan nantinya akan diterapkan di desa kami masing-masing,” ungkap Elfrina Magal, salah satu peserta kunjungan yang sekaligus sebagai Bendahara Desa Rusol, Kecamatan Beo Selatan, Kabupaten Talaut, Provinsi Sulawesi Utara.

Masih kata Elfrina, dirinya menerangkan bahwa di Kabupaten Talaut terdapat 142 dan 19 Kecamatan yang tersebar dalam 9 Pulau.

“Secara geografis daerah kami memang wilayah Kepulauan dan di Kabupaten Talaut itu sendiri terdapat 142 Desa, 19 Kecamatan yang tersebar dalam 9 Pulau. Semoga kunjungan ini dapat membawa manfaat untuk kami semua.” tandasnya yang terlihat sedang menawar pernak-pernik sebagai oleh-oleh khas Puncak untuk dibawa pulang ke tempat asalnya.

Laporan : TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau