Jaga Kelestarian Alam, SOS Children’s Villages Bersama Sejumlah Pelajar Lakukan Penanaman Pohon

BOGOR, INFODESAKU – Menjaga resapan air, SOS Children’s Villages bersama sejumlah pelajar di Tenjolaya, beserta Sekretaris Kecamatan Tenjolaya melakukan penanaman pohon di kawasan Curug Ciputri yang terletak di Desa Tapos, pada Senin (23/04/2018) lalu.

Ketua SOS Children’s Villages, Yudi Kartiwa kepada infodesaku menjelaskan, SOS Children’s Villages berkumpul di Bogor ini dari mulai 23 hingga 28 April untuk melakukan pelatihan kesiapsiagaan untuk para vokal person dari semua lokasi di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Nasional

“Melibatkan parsitipasi remaja di Komunitas Tenjolaya serta melibatkan komonitas dalam rangka PRBK (Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas),” ujarnya.

Lanjut ia, supaya vokal person termasuk pendamping dari masing-masing lokasi punya kapasitas kemampuan bagaimana menghadapi kebencanaan di area masing-masing.

“Kami di kantor nasional bagaimana membuat rencana terintrigasi untuk bisa meningkatkan kapasitas anak-anak, ibu-ibu dan para keluarga yang kami dampingi dari SOS Children’s Villages ini, jadi ketika ada bencana sudah tau harus melakukan apa yang pada intinya,” jelasnya.

Masih kata Yudi, SOS Children’s Villages bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini BNPB Pusat, BPBD Bogor dan juga dari NJO, serta rekan-rekan yang lain ikut memberikan pelatihan.

“Agar warga juga ikut berpartisipasi bagai mana mengenal areanya masing-masing kerentanan apa yang ada di daerahnya, sehingga bisa bekerja sama dengan pemangku kepetingan mulai dari tingkat, RT, RW kecamatan untuk sadar akan terjadinya potensi bencana,” harapnya.

Sementara itu, Sekcam Tenjolaya Atep mengucapkan terima kasih kepada tim SOS Children’s Villages dari seluruh indonesia yang sudah melaksanakan kegiatan bakti sosial di wilayah Kecamatan Tenjolaya.

“Terima kasih, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat di Kecamatan Tenjolaya pada khususnya, umumnya masyarakat Kabupaten Bogor,” singkatnya.

Laporan : IES

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove