Mewujudkan NKRI Berdaulat dan Sejahtera, Koramil 2108 Gelar Komunikasi Sosial Dengan Rakyat

BOGOR, INFODESAKU – “Bersama Rakyat Mewujudkan NKRI Berdaulat dan Sejahtera”, melalui tema tersebut, Koramil 2108 Cariu Kabupaten Bogor menggelar kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat, di aula kantor Koramil Cariu, Kamis (03/05/2018).

Diisi dengan dialog interaktif, kegiatan tersebut dipimpin langsung Danramil Cariu Kapten Inf. Slamet Royadi, disaksikan Bati Tuud Koramil Cariu Serka Sukma Sonagar serta seluruh anggota Koramil Cariu, dan dihadiri Kepala Desa, anggota Linmas, Karang Taruna, Staf Desa, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Catiu dan Tanjungsari.

Danramil Cariu, Kapten Inf. Slamet Royadi mengatakan, komunikasi sosial ini adalah dalam rangka menjaga sinergitas TNI di wilayah Koramil kecamatan Cariu dan kecamatan Tanjungsari dalam menjalankan tugas. Menyamakan pandangan dan menjauhkan hubungan emosional sehingga keamanan wilayah terjaga dan dalam melaksanakan tugas, menyamakan pandangan baik itu dari TNI, kecamatan, kepolisian, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

“Program Komsos ini adalah program Kodim, lalu turun ke Koramil dan seluruh Koramil yang berada di wilayah melaksanakan program Komsos ini, karena di setiap Koramil diharuskan menyelenggarakan atas perintah pimpinan. Semua yang ada di teritorial melaksanakan kegiatan seperti ini dengan menghadirkan para unsur seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda,” tuturnya.

Materi yang diberikan, lanjut ia, pembekalan untuk masyarakat dalam rangka bela negara, jadi masyarakat punya hak dan terlibat untuk bela negara. Maka dari itu anggota TNI memberikan materi itu untuk memberikan wawasan yang bertujuan untuk menjaga keamanan wilayah dari segala bentuk ancaman, hambatan maupun gangguan yang berada diwilayah Cariu dan Tanjungsari.

“Alhamdulillah keamanan diwilayah Koramil 2108 selama saya menjabat, untuk keamanan berjalan dengan kondusif dan tidak ada terjadi gelolak yang mencolok. Dalam artian keamanan terpantau dengan baik dan selama ini saya dengan kepolisian dan Pol PP bersama-sama memantau terus perkembangan situasi yang berada diwilayah Cariu dan Tanjungsari,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapt. Inf. Slamet berharap, menghadapi Pilkada, Pilbub dan Pilgub dan juga di 2019 akan menghadapi pemilihan Presiden, Komsos ini diharapkan dapat menekankan untuk senantiasa menjaga kondusifitas wilayah yang selama ini sudah aman.

“Jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan harus cepat melaporkan sesuai dengan prosedur hingga proses demokrasi Pilkada khususnya di wilayah binaan Koramil Cariu dan Tanjungsari berjalan baik. Saya, camat, kapolsek ingin bisa merasakan tenang dan tidak terjadi yang kita tidak inginkan,” pungkasnya menegaskan.

Ditempat yang sama, Bati Tuud Serka Sukma Sonagar menambahkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan  perlu diberlakukan pengamanan swakarsa gunanya untuk dapat deteksi dini.

“temu cepat dan lapor cepat, pemerintah desa untuk cepat tanggap melaporkan hal-hal yang mencurigakan, karena desa merupakan ujung tombak pemerintah,” terangnya.

Dengan Komsos ini, masih kata Serka Sukma, komponen masyarakat yang hadir diharapkan benar-benar mengerti dan memahami bela negara, sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat lainnya.

“Pertahanan Negara bukan hanya tanggung-jawab dari TNI saja, tapi kewajiban dari seluruh warga negara Republik Indonesia,” tegasnya.

Laporan : Andi F

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove