Sambut Ramadhan, Ponpes Al Falaahiyah Desa Cugung Gelar Ikhtifalan

LAMSEL, INFODESAKU – Ikhtifalan adalah pestival para santriwan dan santriwati TPA Al-Mujahidin yang telah diselenggarakan pada tanggal 26 Juni 2912, adalah sarana para murid TPA untuk berani menampilkan kemampuannya dalam bidang acara keagamaan.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H, Pondok Pesantren Al Falaahiyah Desa Cugung, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, menyelenggarakan Ikhtifalan dengam mengusung tema “pemimpin masa depan adalah pemuda masa kini yang berkarakter memiliki wawasan keagamaan dan berakhlakul karimah”. Senin, (07/05).

Acara di hadiri Camat, Kades Cugung, Kades Kunjir dan Kades Waymuli Induk Kecamatan Rajabasa, serta seluruh warga desa Cugung dan desa tetangga. Diisi dengan Penceramah Ustad Suntani gaos dari Bandar Lampung, dan di awali Qalam illahi oleh Saepi Santri Ponpes Falaahiyah.

Ust Abi Nur Hasan,S,Pdi selaku Pimpinan PonPes Al Falaahiyah dalam sambutanya, mengungkapkan perasaanya kepada seluruh panitia atas tersenggaranya acara tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah berusaha semaksimal mungkin sehingga Ikhtifalan berjalan dengan lancar, dan kepada orang tua yang anaknya tidak tersebut kami mohon maaf atas kehilapan kami,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ali Muhaimin selaku Kades Cugung menyampaikan, dengan adanya Ikhtifalan tersebut Ia merasa bersyukur dan mengucapkan terimakasihnya kepada Pimpinan Ponpes.

“Saya merasa bersyukur sekali dan berterimakasih kepada Pimpinan Ponpes dengan idenya dengan terlaksananya Kegiatan ini, sehingga kita merasa bangga mempunyai anak yang punya keberanian dalam menyampaikan syiar agama serta mampu hapal Al Quran,” Katanya.

Ditempat yang sama, Sabtudin,S,sos. Selaku Camat Rajabasa dalam sambutan mengatakan, sebagai aparatur pemerintahan Kecamatan ia mendukung Kegiatan tersebut.

“Kegiatan tersebut adalah kegiatan yang sangat positip dan merupakan pelajaran dalam mendidik anak. Dalam rangka mengembang mental spiritual dalam meningkatkan ketaqwaan,”Ujarnya.

Lanjutnya, ia menghimbau kepada seluruh warga Cugung dan warga tetangga untuk selalu memakmurkan masjid dengan cara sholat berjamaah di masjid,

“Saya himbau kepada warga dengan apa yang selalu di kumandangkan oleh Bupati kita yaitu untuk selalu sholat berjamah di masjid bagi para suami,Apalagi kita akan menghadapi bulan suci yaitu bulan Ramadhan,”Himbaunya.

Terpisah, Nasarudin Ketua panitia pelaksanaan kegiatan menerangkan, ikhtifalan adalah menguji keberanian santriawan santriwati atas pelajaran yang mereka terima. Dan iapun menerangkan Ikhtifalan tersebut di selenggrakan setiap tahun.

“Ikhtifalan adalah menguji keberanian atau melatih mental santriawan santriwati dan di tampilkan di hadapan masyrakat. Kegiatan ini setiap tahun kita tampilkan, ini sudah kedua harinya mas,karena kita sudah tampilkan di hari minggu (6/5), untuk yang saat ini penutupnya Senen (7/5) mendengarkan tausiah dari Ustad.” pungkasnya.

Laporan : SAFARUDIN

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove