Hasil MusrenbangDes 2020 Cibalung Orientasi Pada Kebutuhan

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Desa (PEMDes) Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ditahun 2020 menjadi skala prioritas untuk mengembangkan potensi desanya guna memberikan kontribusi untuk kemajuan ekonomi masyarakat.  Melalui BUMDesnya, PEMDes Cibalung fokuskan pada program pemberdayaan masyarakat.

Pembahasan sekitar pembentukan dan pengembangan BUMDes menjadi pokok pembicaraan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Tahun 2020. Selasa (24/07).

Kepala Desa Cibalung Rusyadi, S.Pd.I meyakini bila pengelolaan BUMDes dilakukan dengan baik dan ditangani oleh tenaga-tenaga profesional, maka dengan sendirinya BUMDes dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Skala perioritas pada pembentukan dan pengembangan Bumdes ini bertujuan untuk mendorong pemberdayaan masyarakat agar ekonomi masyarakat di desa kami dapat meningkat dan stabil hingga dirasakan manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Berbicara tentang penggunaan dana Dana Desa (DD) tahun 2018, Rusyadi menjelaskan, hasilnya dapat dilihat dari perkembangan infrastruktur di Desa Cibalung, antara lain terwujudnya peningkatan jalan desa sepanjang 1,3 kilometer. Selebihnya dari jalan desa itu sepanjang 1,7 kilometer akan dibangun dengan DD tahun anggaran 2019.

Sementara diakhir wawancara Rusyadi mengatakan terkait MUSRENBANGDes 2020 merupakan kilas balik dua tahun lalu hasil Musren 2016 yang telah direncanakan dan menyampaikan pelaksanaan yang telah direalisasikan tahun 2017 dan padat karya tahun 2018. Selain hal itu mendengarkan dan menampung aspirasi warga.

“Bidang pembangunan dan infrastruktur khususnya desa cibalung alhamdulillah hampir semua jalan desa telah tuntas pengaspalan dan betonisasi. Tahun depan, jalan desa dengan panjang 3 kilometer akan dalam kondisi mulus dan layak untuk dilintasi kendaraan. Mudah-Mudahan Dana Desa tahap satu dan dua selesai agar tidak mengganggu program berikutnya. Hasil Musren saat ini Desa Cibalung  untuk merealisasikan aspirasi warga berorientasi pada kebutuhan warga masyarakat desa bukan berdasarkan keinginan, kebutuhan dengan keinginan berbeda.” pungkasnya.

Berdasarkan data informasi yang dihimpun media absensi kehadiran Musrenbangdes 2020 Desa Cibalung dihadiri lebih dari tujuh puluh orang dari berbagai elemen unsur muspika, tokoh ulama dan masyarakat, praktisi pendidikan, ketua dan pengurus BPD Desa, ketua dan pengurus LPMDesa, Bhabinkamtibmas, TP PKK Desa, Linmas dan ketua RT dan RW.

Laporan : Fauzi

Related posts

Pembukaan Survival, Bupati Event Berkelas Dunia Potensi Ekonomi Dan Pariwisata

Paguyuban Pajajaran Anyar Gelar Milangkala Kelima, Hadirkan Seni Budaya Nusantara

Sosialisasi Perda Kemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sukabumi, Ini Tanggapan Ketua Komisi IV