Pemuda Katar Siap Jadi Garda Depan Pembangunan Desa

BOGOR, INFODESAKU – Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cijeruk menggelar pelatihan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) di gedung serbaguna kecamatan. Sedikitnya 35 peserta hadir pada kesempatan tersebut, Selasa, (07/08).

Ketua Katar Cijeruk, Aip mengatakan antusias peserta yang hadir mencapai 95 persen, di harap ditahun mendatang lebih besar lagi jumlahnya.

“Ya alhamdulillah dari tahun ke tahun pesertanya ada peningkatan,” tuturnya.

Lenjut Aip menghimbau, kepada pemerintahan desa (Pemdes) melalui dana desanya untuk memberikan perhatian penuh kepada organisasi karang taruna, seyogyanya pemuda katar dijadikan garda depan dalam pembangunan desa.

“Mudah-mudahan tidak hanya beberapa instansi pemerintah daerah saja, tetapi Pemerintah kecamatan dan desa memberdayakan pemuda melalui wadah karang taruna, diharap pemdes berdayakan pemuda katar dilibatkan dalam pembangunan desa,” ungkap salah satu aktivis Bogor Selatan ini.

Hal senada dikatakan Egi Gunadhi Wibhawa anggota DPRD Kabupaten Bogor Komisi IV Bidang Kesra mengajak peserta UKS dari karang taruna untuk menjadi pelopor pembangunan, serta ikut serta menjaga ketertiban dan ketentraman. Menurutnya pemuda memiliki potensial di garda terdepan dalam mengatasi permasalahan sosial. Diharap melalui pelatihan ini pemuda karang taruna memiliki usaha mandiri dan peka terhadap lingkungan.

“Anggaran di kabupaten pun untuk Karang Taruna sangat minim. Sementara dengan minimnya anggaran tersebut, pemuda dituntut untuk kreatif dan peka terhadap permasalahan sosial. Yakin jika pemuda katar bahu membahu bersatu dapat bangkit dan menjadi pelopor memajukan daerah, desa dan lingkungannya. Ingat karang taruna adalah mitra kerja pemerintahan yang jelas telah diatur dibawah binaan kementerian sosial, ruang gerak wadah karang taruna tak ada jurang pemisah dengan pemerintahan,” pungkasnya.

Laporan : Fauzi

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan