Warga Kampung Monggor Kompak Bersihkan Saluran Irigasi Dari Tumpukan Sampah

GARUT, INFODESAKU – Memasuki musim penghujan Kepala Desa Limbangan Tengah Tata Sumirta bersama warga RW. 07 Kampung Monggor bergotongroyong membersihkan sampah yang menggunung di irigasi yang melintasi daerah tersebut, Selasa (04/09).

Kepala Desa Tata Sumirta menjelaskan kegiatan ini bisa disebut jadwal rutin mengingat hampir setiap menjelang musim hujan melakukan pembersihan irigasi yang melintas di Kampung Monggo. Hal tersebut dilakukan untuk antisipasi luapan air ke permukiman serta menjaga sanitasi lingkungan agar bersih.

“Sehubungan RW. 07 berada ada dihilir jadi sampah yang terbawa arus bermuara disini, jika tidak dibersihkan akan bertambah banyak dan kumuh,” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua RW. 07, Ate Sumarna menambahkan, gotong royong ini merupakan inisiatif warga dan mendapatkan dukungan dari pemerintah desa, kalau tidak dibersihkan tatkala hujan datang maka sampah akan bertambah banyak dan bisa meluap kepermukiman.

“Salah satu bentuk dukungan dari pemerintah desa adalah dengan menyediakan dam truk untuk mengangkut sampah dan membuangnya ke TPA Pasir Bajing,” pungkasnya.

Laporan: BHEGIN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau