Ini dia Pelayanan kesehatan Posyandu di Desa Kelambir

DELI SERDANG, INFODESAKU – Setiap bulan di Desa kelambir V Kampung Kecamatan Hamparan Perak, yang dipimpin oleh Kades Madysah selalu dilaksanakan kegiatan kesehatan, khususnya kegiatan posyandu anak balita, kegiatan ini berlangsung di 5 (lima ) Posyandu yaitu, cempaka 1 sampai dengan 5 kegiatan Posyandu ini bertempat di Aula kantor Desa. Senin, (10/09).

Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Tujuan pokok dari Posyandu antara lain untuk, Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak, Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera, Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi, Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tehnologi untuk swakelola usaha–usaha kesehatan masyarakat

Adapun jenis pelayanan posyandu Cempaka di Desa Kelambir V kampung yang diberikan antara lain yaitu kesehatan bayi dan balita, penimbangan bulanan, pemberian makanan tambahan, imunisasai bagi bayi , dan pengobatan penyakit sebagai pertolongan pertama.

Kegiatan posyandu berupa cakupan hasil kegiatan penimbangan, pelayanan pemberian makanan tambahan, distribusi paket perbaikan gizi, pelayanan imunisasi, pelayanan keluarga berencana dan penyuluhan. Sedangkan output kegiatan yang diharapkan berupa peningkatan status gizi, dan ibu hamil, penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi.
Laporan: ZUNI

 

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove