Dana Desa Tahap Dua, Desa Sukaraksa Genjot Pembangunan Infrastruktur

BOGOR, INFODESAKU – Dengan Dana Desa (DD) sejak lama telah digulirkan oleh pemerintah pusat manfaatnya sangat berdampak positif bagi kemajuan masyarakat desa.

Hal tersebut dilihat dari banyaknya giat pembangunan di seluruh desa senusantara. Salah satunya adalah Desa Sukaraksa Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Dengan DD, berbagai peningkatan sarana prasaran desa mulai terlihat nyata. Pembanguna demi penbangunan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Dari program pemanfaatan DD di desa ini di implementasikan ke beberapa program diantaranya peningkatan infrastruktur, pemberdayaan dan kegiatan bersifat meningkatkan perekonomian warga dibidang pertanian.

Adalah jalan desa yang terletak di Kp. Parakan tiga yang berbatasan dengan desa Sukamaju sepanjang 850 meter lebar 3 meter kondisinya kini layak untuk di lintasi.

Melalui DD, dikatakan Supirta selaku kepala desa bahwa kegiatan peningkatan pembangunan jalan desa adalah hal yang di prioritaskan.

“Melalui musrenbangdes pembangunan jalan Kp. Parakan Tiga yang berbatasan dengan desa lain kini kondisinya sudah bisa dilalui dengan nyaman,” ungkapnya.

Masih kata Pirta, total anggaran 536 juta lebih disiapkan untuk pembangunan dan pemberdayaan.

“Dari seluruh pelaksanaan kegiatan pembangunan dengan menggunakan DD tahap dua tahun 2018 diantaranya pengerjaan proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) berikut pengecoran jalan sepanjang 125 meter lebar 3 meter di Kp. Manglid, Jaling Kp. Juga sepanjang 150 m, Jaling Kp. Juga Jalan sepanjang 350 m, tiga jembatan penyebrangan dari kampung ke kampung, dan yang terakhir pembangun jalan Desa di Kp. Parakan Tiga.” Jelasnya.

Sedangkan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat meliputi giat kader PKK, RT/RW, Kader Posyandu dan lain sebagianya.

“Pada kegiatan pemberdayaan melalui Kegiatan sosial, PKK, RT/RW dan Kader Posyandu dapat berjalan dengan baik.” Pungkasnya.

Mengusung transparansi terbuka bersama aparatur pemerintah desa serta dukungan masyarakat alhasil desa ini perlahan penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa terlihat dapat dirasakan oleh masayarakatnya.

Laporan: YAS

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata