Desa Ciderum Realisasikan DD dan Program PKT 2018 Sesuai RKPDes dan RPJMDes

BOGOR, INFODESAKU – Pemdes Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor telah menerima anggaran Dana Desa (DD) yang dikucurkan Pemerintah Pusat dan Daerah tahap satu sebanyak Rp. 212.350.000,- dan tahap dua Rp. 424.700.000,-. Berdasarkan informasi dan fakta  realisasi anggaran, Ciderum telah melaksanakan berbagai giat program agenda kerja sesuai rencana dan rancangan berdasarkan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKP-Des) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Des) serta menyesuaikan  dengan program pemerintah pusat saat ini.

Terdiri dari kegiatan pemberdayaan masyarakat, pembinaan RT dan RW, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pelaksanan pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) atau turap dan program Padat Karya Tunai (PKT) DD 2018 pengaspalan jalan desa, semua agenda tersebut telah selesai dilaksanakan, Rabu, (12/09).

Kepala Desa Asep Hudri mengatakan pemerintah hingga saat ini telah melaksanakan pembangunan diberbagai bidang berdasarkan (RKPDes) dan telah melalui tahapan-tahapan yang mengacu pada subjektifitas, objektifitas dan optimasi, dalam penyusunan (RKPDesa) pun mencermati skala prioritas usulan rencana kegiatan pembangunan Desa untuk 1 (satu) tahun anggaran yang dibahas melalui musdes dan musrenbangdes. sementara DD yang telah direalisasikan sesuai usulan warga tahun 2017.

“DD 2018 sangat membantu mewujudkan visi dan misi kepala desa, hingga menjadikan desa kami mengalami peningkatan dan kemajuan diberbagai bidang sektor pembangunan dan infrastruktur,” ungkap Akep sapaan akrab warganya.

Masih menurut Asep bidang pembangunan dan Infrastruktur masih menjadi pekerjaan rumah bagi kepala Desa, hingga ditahun 2019 masih menjadi skala prioritas, apa yang telah usulkan warga pada musyawarah Desa (MUSDES) beberapa bulan lalu, apa yang diharapkan warga dapat terkabulkan. untuk bidang pemberdayaan dan pengembangan BUMDes menjadi tugas kami agar ditahun mendatang dapat maju dan berkembang.

“Tidak hanya pembangunan fisik saja yang dibutuhkan dan menjadi skala prioritas, peningkatan usaha pendapatan ekonomi warga juga harus ditingkatkan yaitu melalui program BUMDes dan ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Sementara ditempat berbeda ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) saat ditemui dilokasi giat pelaksanaan program (PKT) Didin Saepudin menuturkan Dana Desa tahap dua dan ditambah Dana Swadaya Masyarakat, Dana tersebut dialokasikan untuk mengaspal jalan dengan volume P1500xL2.5xT0.03 menghabiskan total anggaran sebesar  Rp. 425.200.000,-. adapun yang menjadi pelaksana pembangunan adalah TPK, masyarakat dan melibatkan tenaga ahli.

“Pengaspalan jalan merupakan skala prioritas dan dibutuhkan oleh warga batu kembar RW 07, diketahui memang sejak lama kondisi jalan tersebut berbatu dan berlubang. bersyukur aspirasi dan kebutuhan warga ditahun ini akhirnya dapat terwujud,” ungkapnya.

Menurut salah satu warga, endang saat mengikuti (PKT) ia mengungkapkan sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat, daerah dan pemerintah desa atas capaian kinerja dalam bidang pembangunan dan infrastruktur menjadikan jalan dikampungnya layak dan nyaman untuk dilintasi.

“Mewakili warga, kami bersyukur kepada Allah SWT dan berterimakasih kepada pemerintah atas segala upaya dan kinerjanya menjadikan akses jalan perekonomian saat ini layak dan bagus serta nyaman untuk digunakan. Menurut saya capaian prestasi kinerja desa yang terus meningkat layak diberikan apresiasi oleh wargany,” pungkasnya.

Laporan : FAUZI

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau