Kirap Penjamasan Dan Pengembalian Keris Pusaka Keraton Sumenep

PAMEKASAN, INFODESAKU –  Warga Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Seronggi, Kabupaten Sumenep,  madura, Jawa Timur menggelar penjamasan dan kirap pusaka warisan para leluhur desa setempat dan pusaka keraton sumenep, Senin (17/09).

Prosesi pengembalian pusaka keraton tersebut dilakukan oleh para mpu dan masyarakat desa Aeng Tong-tong, selain itu warga masyarakat juga membawa hasil bumi untuk diserahkan ke pemimpin Kabupaten sumenep

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati dan wakil bupati sumenep,  ketua DPRD sumenep dan semen FSKN

Busyro Karim Bupati Sumenep mengatakan kirab pusaka ini bertujuan untuk mengangkat kembali sekaligus memperkuat program pemerintah kabupaten sumenep.

Ia mengajak semua semua lapisan masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara keris warisan leluhur itu serta bersama-sama untuk dapat mewariskan keahlian dalam membuat keris kepada para generasi.

Selain itu,  ia meminta agar para pengrajin keris di desa tersebut tidak bosan-bosannya untuk mengajari para anak-anak muda sebagai penerus di desanya cara membuat keris sebagai wujud pelestarian tradisi para leluhur.

“Tantangan terbesar pengrajin keris di sumenep adalah regenerasi pengrajin keris untuk mempertahankan produksi keris di sumenep,” jelasnya.

“Regenerasi jangan sampai putus sampai disini akan tetapi terus harus berlanjut hingga masa yang akan datang,” pungkasnya.

Laporan : CHALIK

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau